Keharuan Menyelimuti Pemberian Penghargaan Veteran | Pasific Pos.com

| 10 December, 2019 |

Prajurit Yon Marhanlan XI saat menyalami Hendrik Muskanan usai pemberian penghargaan (foto:iis) Prajurit Yon Marhanlan XI saat menyalami Hendrik Muskanan usai pemberian penghargaan (foto:iis)

Keharuan Menyelimuti Pemberian Penghargaan Veteran

Papua Selatan Penulis  Minggu, 21 Juli 2019 21:04 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Mayor Jackson:”Kisah Heroik Jadi Suri Teladan”

 

MERAUKE,ARAFURA,-Suasana haru nampak menyelimuti upacara pemberian penghargaan kepada salah seorang veteran TNI Angkatan Laut oleh pihak Yonmarhanlan XI di lapangan upacara Yonmarhanlan XI, Jumat (19/7). Bahkan sang komandan, Mayor Marinir Jackson R.P.Pauta, S.Tr.Han.M.Tr.Hanla tidak dapat menahan air matanya ketika memberikan sambutan dan saat diwawancara oleh wartawan. Sesekali ia harus menghentikan kalimatnya karena menahan tangis saking terharunya melihat langsung sosok renta di hadapannya yang notabene adalah seorang pejuang bangsa.

Penyerahan piagam penghargaan untuk pertama kalinya ini diberikan secara khusus kepada Hendrik Muskanan yang berpangkat Peltu Mar Purnawirawan sebagai bentuk apresiasi yang tinggi atas perjuangan beliau selama berdinas sebagai prajurit di TNI Angkatan Laut. “Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kemudahan kepada kita sehingga dapat melanjutkan nilai-nilai juang para sesepuh Korps Marinir seperti yang diharapkan oleh para pendahulu kita. Kami turut mendoakan semoga Bapak Peltu Mar Purnawirawan Hendrik dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan umur panjang sehingga dapat terus memberikan suri tauladan dan santiaji bagi generasi penerus Korps Marinir khususnya di Kabupaten Merauke,” ujarnya di hadapan prajurit dan keluarga Hendrik Muskanan.

Ia berharap sosok beliau dapat menjadi contoh terutama nilai-nilai heroik yang dimiliki oleh pendahulu sehingga jajaran Yonmarhanlan XI dapat melanjutkan semangat perjuangan dan pengabdian kepada bangsa dan negara. “Saya berharap kita selaku generasi penerus Korps Marinir dapat menjadi generasi yang peduli akan perjuangan para pendahulu kita. Salah satunya dengan menjalin tali kekeluargaan dengan para purnawirawan yang berada di lingkungan dinas Korps Marinir,”harapnya.

Perlu diketahui, veteran berpangkat Peltu Mar Purnawirawan kelahiran Kupang 29 September 1942 ini menempuh pendidikan militer Dik Catam angkatan 2 tahun 1963 dan Dik Caba Rek 8. Adapun riwayat penugasannya antara lain sukarelawan Trikora, Dwikora tahun 1963, operasi penumpasan PKI tahun 1965 di Cilacap, operasi Satgas Siglayan, Nunukan, Pasmar 4 dari Yon 3 di Timor Timor, Pasmar 8 dari Yon 3 di Timor-Timor, Yon Apung Pam Pemilu tahun 1965, Pasmar 9 di Timor Timor dan Pasmar 11 di Timor-Timor.

Sedangkan untuk riwayat kedinasan pernah menjadi pelatih menembak Pusdik Caba di Gubeng, pelatih menembak di Gunung Sari, Yon 9 Brigif 1, Yon 3 Brigif 1, Daerah X Angkatan Laut Jayapura dan Srenal Merauke. Hendrik juga pernah mendapat penghargaan Satya Lencana Kesetiaan 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun dan 32 tahun. Peltu Mar Purnawirawan Hendrik Muskanan tiba di Mako sekitar pukul 09.30 WIT didampingi istri dan keluarganya. Pria lanjut usia yang masih terlihat sehat itu disambut dengan penuh sukacita oleh Mayor Marinir Jackson R.P.Pauta beserta jajaran.

Tentunya menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi pihak Danyon karena perjuangan panjang untuk merealisasikan penghargaan tersebut akhirnya bisa terealisasi. Usai penyerahan penghargaan, acara dilanjutkan dengan ramah tamah bersama wartawan dan jajaran Yonmarhanlan XI dimana sang purnawirawan turut berbagi kisah hidupnya kepada para tamu undangan.

Dibaca 113 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.