Pendamping kampung harus berada di kampung | Pasific Pos.com

| 13 November, 2019 |

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kota Jayapura, Jacobus Itaar. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kota Jayapura, Jacobus Itaar.

Pendamping kampung harus berada di kampung

Kota Jayapura Penulis  Kamis, 18 Juli 2019 20:33 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kota Jayapura, Jacobus Itaar mengatakan, pendamping kampung harus berada di kampung karena selama ini jarang berada di kampung.

"Mereka (pendamping kampung) ketika ada kebutuhan kepala kampung baru datang di kampung, seharusnya mereka tinggal di kampung setiap hari untuk membantu aparat kampung," Itaar di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (18/7/19).

Menurut Itaar, tenaga kerja yang disebut pendamping kampung difokuskan pada upaya memberdayakan masyarakat kampung melalui proses belajar sosial. Dengan demikian, pendamping kampung tidak dibebani dengan tugas-tugas pengelolaan administrasi keuangan dan pembangunan kampung.

"Tujuan pendamping kampung untuk meningkatkan kapasitas, efektivitas dan akuntabilitas pemerintahan kampung dan pembangunan kampung, meningkatkan prakarsa, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kampung yang partisipatif ," jelasnya.

Terkait perekrutan pendamping kampung, dikatakan Itaar, dilakukan oleh DPMK Papua, yang sudah didistribusikan di lima distrik di Kota Jayapura, yaitu Distrik Jayapura Selatan, Distrik Abepura, Distrik Muara Tami, Distrik Heram dan Distrik Jayapura Utara sebanyak lima orang dan empat orang tenaga ahli.

"Ini sangat bermanfaat karena mereka (pendamping kampung) sangat membantu dalam pengawasan dana kampung sehingga kebutuhan masyarakat di kampung dapat terpenuhi. Lima orang yang sudah didistribusikan di kampung ini sesuai bidangnya masing-masing. Ad bidang infrastruktur, bidang usaha ekonomi dan keungan. Saya rasa lima pendamping masih kurang kalau bisa setiap kampung paling tidak ada satu pendamping sehingga bisa maksimal," ungkapnya.

Dibaca 108 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.