Kendati Lambat Dicairkan, Penggunaan Dana Otsus Akan Dimaksimalkan | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota. S. Sos Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota. S. Sos

Kendati Lambat Dicairkan, Penggunaan Dana Otsus Akan Dimaksimalkan

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 17 Juli 2019 14:36 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Keterlambatan pencairan dana Otsus Papua, berdampak terhadap lambatnya pembangunan infrastruktur dalam program sejumlah Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Jayapura.

Demikian dikemukakan, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Parson Horota, S.Sos kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (16/7) sore.

Dikatakan, sesuai dengan pernyataan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia lewat salah satu media lokal bahwa, dana Otsus Papua diperkirakan akan dicaikan pada bulan Agustus besok.

“Kalau benar, di cairkan bulan Agustus maka alokasi waktu yang tersedia untuk menggunakan dana Otsus kedalam program pembangunan sangat sedikit terutama pembangunan infrastruktur,” ungkapnya.

Sebab itu, pihaknya menegaskan kepada semua Perangkat Daerah penerima dana Otsus untuk merencanakan secara baik penggunaan dana Otsus. Dengan demikian, penyerapan dana Otsus di Kabupaten Jayapura dapat terserap secara baik ke dalam program.

Dirinya menjelaskan, penggunaan dana Otsus untuk belanja rutin tidak menjadi soal karena tentu penyerapannya akan berlangsung secara baik. belanja rutin dana Otsus itu seperti membayar upah tenaga kontra baik, guru maupun tenaga medis.

“Secara keseluruhan ada sebelas Perangkat Daerah yang akan menggunakan dana Ostus, sebagian besar berupa belanjar program pembangunan infrastruktur, hanya dua Perangkat Daerah yakni, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura yang mengggunakan untuk belanja rutinitas,” paparnya.

Menurutnya, dari alokasi waktu yang tersedian dari saat pencairan dana Ostus untuk Kabupaten Jayapura Bulan Agustus hingga akhir tahun kemungkinan sangat kecil untuk penyerapan keseluruhan dana Ostus, tetapi pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin, agar semua dana Otsus dapat terserap.

Dibaca 104 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.