Gudang Penyimpanan Barang Dagangan Wajib Miliki Tanda Daftar Gudang | Pasific Pos.com

| 20 November, 2019 |

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L. N. Awi saat diwawancara Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L. N. Awi saat diwawancara

Gudang Penyimpanan Barang Dagangan Wajib Miliki Tanda Daftar Gudang

Kota Jayapura Penulis  Selasa, 16 Juli 2019 20:35 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L. N. Awi mengatakan, gudang yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang usaha wajib memiliki tanda daftar gudang.

"Jadi, ada yang dikenal dengan tanda daftar gudang. Nah, untuk dapatkan surat tanda gudang itu maka masing-masing gudang harus ada spesifikasinya," kata Awi di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (16/7/19).

Awi menjelaskan, seperti gudang untuk bahan kimia, bahan pokok, dan bahan bangunan maupun bahan makanan harus ada spesifikasi yang harus diperiksa, apakah layak atau tidak dijadikan sebagai tempat penyimpanan.

"Kalau tidak punya tanda daftar gudang, berarti gudang ilegal dan barang-barang yang ada dalam gudang juga ilegal. Semua gudang di Kota Jayapura sudah punya tanda daftar gudang. Tanda daftar gudang bukankah perizinan usaha tapi merupakan bukti pendaftaran yang memberikan legalitas penggunaan gudang," tuturnya.

Dijelaskan Awi, kategoti gudang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu gudang kecil dengan luas 36 meter persegi sampai 2.500 meter petsegi, gudang menengah dengan luas 2.500 meter persegi sampai 10.000 meter persegi, dan gudang besar yaitu diatas 10.000 meter persegi.

"Persyaratan tanda daftar gudang yaitu harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), TDP, fotokopi KTP/NPWP penanggung jawab, IMB, foto gudang, pas foto pemilik atau penanggung jawab. Jika terjadi pelanggatan maka kami akan memberikan sanksi, yaitu dengan menutup operasional gudang tersebut atau pencabutan izin usaha," jelasnya.

Dibaca 92 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX