Lahirkan Guru Berprestasi Lewat Seleksi | Pasific Pos.com

| 11 December, 2019 |

Lahirkan Guru Berprestasi Lewat Seleksi

Papua Selatan Penulis  Selasa, 16 Juli 2019 20:19 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Pemilihan guru berprestasi kembali dilakukan di Kabupaten Merauke yang sudah merupakan agenda tahunan. Seleksi ini dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Tahun ini dilaksanakan khusus untuk jenjang SMP dan diikuti oleh 40 guru. Proses penilaian dilakukan selama dua hari dan yang berhasil keluar sebagai juara akan mengikuti tahapan selanjutnya di tingkat provinsi hingga nasional. Baharudin Lahati selaku tim penilai kepada wartawan di gedung Yorgen Sai belum lama ini mengemukakan bahwa dengan adanya seleksi ini diharapkan akan melahirkan guru-guru berprestasi dari Merauke.

Penilaian yang diberikan juga harus seobjektif mungkin sehingga hasil yang diperoleh benar-benar menggambarkan kemampuan guru. Adapun yang menjadi penilaian adalah empat poin penting yang berkaitan dengan kompetensi guru yang dituangkan dalam bentuk tes tertulis, tes lisan dan penulisan karya ilmiah. Lebih lanjut ia menjelaskan, tes yang dilaksanakan mengikuti alur yang ada dalam juknis seleksi guru berprestasi tingkat nasional. Hasilnya juga dilihat berdasarkan pemantauan selama tahun berjalan, berkaitan dengan kompetensi dan prestasi guru tersebut di lapangan.

Adapun syarat yang ditentukan bagi para guru untuk dapat mengikuti seleksi antara lain memiliki masa kerja minimal 4 tahun. Namun yang dimaksud bukan masa kerja guru sebagai PNS melainkan masa kerja sejak tahun pertama guru yang bersangkutan mulai mengajar. Syarat lainnya yaitu kualifikasi akademik harus S1 dan sudah besertifikat pendidik. Artinya, guru-guru yang ikut diharapkan guru yang profesional yang ditandai dengan kepemilikan sertifikat pendidik. Seleksi ini dapat diikuti oleh guru sekolah negeri maupun swasta namun persekolah dibatasi hanya bisa mengutus satu perwakilan.

Dibaca 116 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.