Pembangunan Jalan Dua Jalur dari Tisay Mulai Dikerjakan | Pasific Pos.com

| 23 October, 2019 |

Pembangunan Jalan Dua Jalur dari Tisay Mulai Dikerjakan

Papua Barat Penulis  Selasa, 16 Juli 2019 13:54 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bintuni, TP- Bupati Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, MT mencanangkan pembangunan jalan dua jalur dari Tisay distrik Bintuni sampai ke SP 3 distrik Manimeri.

Pencanangan pembangunan jalan tersebut, ditandai dengan peletakkan batu pertama di titik nol kilometer bertempat di depan Markas Koramil Bintuni, Senin (15/7).

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan bahwa pembangunan jalan dua jalur yang dikerjakan di pertengahan tahun 2019 ini, merupakan kesepakatan bersama antara Pemda dan DPRD Teluk Bintuni. Dimana kesepakatan itu didasari keinginan publik khususnya yang ada di kota Bintuni terkait keindahan tata kota.

“Di tahun-tahun sebelumnya, pembangunan jalan khususnya kami laksanakan di luar perkotaan. Karena, kami ingin menghubungkan sejumlah distrik yang belum terkoneksi. Akan tetapi, di tahun 2019 ini sesuai kesepakatan bersama serta menjawab aspirasi masyarakat kota tentang keindahan wajah kota, maka kita mulai menata,” ungkap Kasihiw.

Bupati menuturkan, secara teknis pengerjaan jalan dua jalur yang menelan anggaran yang cukup besar, maka dirinya akan melibatkan TP4D untuk mengawasi. Tujuannya, agar proyek yang tergolong strategis ini dapat selesai sesuai dengan perencanaan.

“Kami akan secara resmi menyurat kepada Kejari Teluk Bintuni untuk bisa mendampingi proyek ini. Untuk itu, sangat diharapkan adanya masukan dari TP4D baik kepada kontraktor maupun instansi terkait,” harap Bupati.

Disamping itu, Bupati mengutarakan, bahwa ruas jalan yang dikerjakan seyogianya merupakan wewenang Pemprov Papua Barat. Sebab, ruas jalan tersebut masuk dalam ruas jalan Trans Papua Barat.

Namun sambung Bupati, dikarenakan publik kota Bintuni selaku pengguna ditambah kondisi ruas jalan tersebut sudah tidak layak disebut jalan perkotaan, maka pihaknya mengambil langkah dengan mengalokasikan pembiayaan dari APBD tahun 2019.

“Bapak Gubernur sudah janji sama saya, bahwa nanti beliau juga akan membantu. Karena, kalau berharap pada APBD kita tentu akan memakan waktu lama,” tambahnya.

Pada prinsipnya, Bupati mengatakan, pihaknya membangun jalan dua jalur ini disamping untuk menghiasi wajah kota, namun hal terpenting adalah untuk meminimalisir lakalantas yang kerap terjadi bahkan memakan korban jiwa. Oleh karenanya, Bupati berharap kedepan jika jalan dua jalur ini sudah difungsikan maka, dapat menjadi kawasan tertib berlalulintas.

“Satu per satu pemerintah akan benahi. Karena kedepan kabupaten ini akan menjadi pusat perdagangan, pusat budaya dan membawa harapan kita kedepan untuk mewujudkan masyarakat Teluk Bintuni yang maju, produktif dan berdaya saing,” tandas Bupati.

Perlu diketahui, sebagaimana informasi dari dinas teknis, bahwa tahap pertama pembangunan jalan dua jalur sepanjang 2 km yang membentang mulai dari Tisay hingga ke SP 3 Manimeri menelan anggaran sebesar Rp 24 Miliar lebih dari APBD Teluk Bintuni TA 2019. Dimana, pihak ketiga yang dipercayakan yakni, PT. Digoel Ino Perkasa akan menuntaskan proyek tersebut sesuai surat kontrak dengan durasi 150 hari kalender.

Dari pantauan di lapangan, mendampingi Bupati, ada Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, Sekda Teluk Bintuni, Gustaf Manuputty, Kajari Teluk Bintuni, Marthen Tandi, Wakapolres Teluk Bintuni, Kompol. Markus Gasirarie, Pabung Kodim Manokwari, Kapten Inf, Dali Mendrofa dan Danramil Bintuni, Lettu CBA, Matheus Womsiwor yang ikut meletakkan batu pertama. Acara peletakkan batu pertama tersebut, disaksikan seluruh Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Teluk Bintuni dan lapisan masyarakat. [VLI-R4] 

Dibaca 91 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX