BSSN akan Pasang HoneyPot di Papua Barat | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

BSSN akan Pasang HoneyPot di Papua Barat

Papua Barat Penulis  Senin, 15 Juli 2019 03:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Pemerintah provinsi (Pemprov) Papua Barat merupakan salah satu provinsi dari 19 provinsi di Indonesia yang mendapatkan program pemasangan honeypot dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di tahun 2019.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian, dan Statistik Provinsi Papua Barat, Frans P. Istia mengatakan, pihaknya telah mengikuti kegiatan FGD yang dilakukan BSSN terkait penjelasan teknis penanganan siber di tingkat provinsi.

Dari hasil pertemuan itu, kata dia salah satu program yang akan ditindaklanjuti adalah program pemasangan honypot, berupa teknologi cisat yang akan dipasangkan di seluruh Indonesia termasuk di pemprov Papua Barat dalam rangka penanggulangan dan pencegahan terjadinya tindakan ciber terutama pencegahan terhadap berita hoax yang sangat meresahkan masyarakat.

“Jadi untuk Pemprov Papua Barat, kami meminta pemasangan honypot tersebut. Selasa (16/7) tim siber dari BSSN akan ke kominfo Papua Barat sekaligus melakukan asistensi untuk semua pejabat struktural kominfo berkaitan dengan rencana pemasangan honeypot Papua Barat,” kata Istia kepada Tabura Pos via ponselnya, Minggu (14/7).

Untuk pemasangan honypot Papua Barat, Istia menjelaskan akan dipasangkan di kantor kominfo, persandian dan statistik Papua Barat. Setelah pemasangan akan dilanjutkan dengan pendampingan yang berkaitan dengan cara kerja dari honypot dan tim SDM kominfo.

“Karena tentunya kedepan program ini akan dilakukan sendiri oleh kominfo di daerah dan akan bekerja sama dengan Polda Papua Barat yang memiliki tim ciber. Kita akan berkolaborasi untuk menjalankan program tersebut secara bersama-sama,” terang Istia.

Istia mengemukakan, ada beberapa langkah yang sudah disiapkan diantaranya, konsultasi kesiapan penanggulangan dan pemulihan insiden, pembangunan kesadaran dan kepedulian siber, pembinaan kesiapan pemulihan siber.

“Ini merupakan langkah awal yang akan kita lakukan untuk pemulihan kualitas manajemen penanganan siber di provinsi Papua Barat. Nantinya, setelah honypot dipasang akan dilanjutkan dengan kegiatan pemberian peringatan terhadap laporan insiden siber yang diterima, ada juga layanan kerawanan dan layanan tindakan, dan layanan sicurity. Kami juga akan menyampaikan hasil pengamatan tentang ancaman baru, dan melakukan pendeteksian terhadap serangan siber terkait penggunaan TIK di Pemprov Papua Barat yang berkaitan dengan semua jalur online,” tuturnya. [FSM-R3] 

Dibaca 126 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX