4 Aspek Ini akan Menentukan Besar Kecil Gaji ASN | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

4 Aspek Ini akan Menentukan Besar Kecil Gaji ASN

Papua Barat Penulis  Jumat, 12 Juli 2019 14:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Kepala Biro Organisasi, Setda Papua Barat, Supriatna Djalimun mengatakan, sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), pasal 79 disebutkan bahwa sistem pembayaran gaji ASN sudah tidak lagi berdasarkan pangkat dan massa kerja, melainkan berdasarkan empat aspek diantaranya beban kerja, tanggung jawab, resiko kerja dan kelangkahan.

“Jadi ada kelas-kelas jabatan, atau evaluasi jabatan (Evjab) termasuk evaluasi kelembagaan,” terang Djalimun kepada wartawan di Swiss Belhotel Manokwari, Kamis (11/7).

Disinggung terkait penerapan sistem penggajian berdasarkan beban kerja, jelas Djalimun, kalau di Undang-undang ASN sudah ada. Namun, penerapannya akan dilakukan secara bertahap salah satunya melalui Evjab dan seluruh Indonesia harus melakukan itu.

Dikatakannya, Evjab yang sudah dibuat harus ada validasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan akan dikeluarkan rekomendasi. Nanti setelah itu barulah sistem penggajian akan berbeda.

“Kalau sekarang berubah dan evjabnya belum ada, Jadi tahapannya demikian, dan mudah-mudahan di tahun 2020 sudah bisa berjalan. Karena seluruh Indonesia sudah dikejar untuk harus menyelesaikan evjab, makanya lagi menunggu evjab, kalau evjab sudah selesai berarti tahun anggaran 2020 mendatang sudah bisa diberlakukan,” terang Djalimun.

Ia mencontoh, dulu kalau pegawai naik pangkat, maka gajinya berubah. Namun, kedepan akan diubah sistem penggajiannya. Walaupun pegawai sama-sama golongan IIIA, tapi dari beban kerjanya beda, maka gajiannya pun berbeda.

“Ya, mudah-mudahan di tahun 2020 sudah diberlakukan. Sebab dalam Undang-undang ASN sudah mengamanatkan untuk dilakukan secara bertahap salah satu tahapnya adalah lewat evjab,” tandas. [FSM-R4] 

Dibaca 127 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.