Perintis Lingkungan, Lukas Barayap Terima Kalpataru dari Wapres JK | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Perintis Lingkungan, Lukas Barayap Terima Kalpataru dari Wapres JK

Papua Barat Penulis  Jumat, 12 Juli 2019 14:37 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Lukas Amiwam Barayap, warga Manokwari berhasil mengharumkan nama Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat dengan menerima penghargaan Kalpataru kategori perintis lingkungan.

Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Presiden RI. Jusuf Kalla (JK) langsung kepada Lukas Barayap yang didampingi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari, Dr. Yonadab Sraun di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (11/7).

Mendengar kabar gembira tersebut, Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo langsung terharu dan terlihat matanya berkaca-kaca. Bahkan, saat menyampaikan sambutan pada pengresmian Kawasan Agropolitan Sidey di Kampung Sidey Jaya, Distrik Sidey, Kamis (11/7), Budoyo sempat terisak karena tidak dapat menahan rasa haru. Budoyo berhenti beberapa menit untuk menenangkan diri sebelum melanjutkan sambutannya.

Momen itu disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Dirjen PKP Kementerian Desa dan PDTT), Harlina Sulistyorini dan semua undangan.

Usai kegiatan itu, kepada wartawan, Budoyo menyampaikan penerimaan penghargaan Kalpataru merupakan berita yang menggembirakan.

“Ketika mendengar Manokwari dapat peghargaan itu, manusiawi sekali kalau kita mendengar bahwa dapat penghargaan juara I tentunya terharu, di samping ada perasaan senang, bangga, tapi bangganya tidak boleh terlalu berlebihan karena mempertahankan itu lebih sulit daripada meraih,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manokwari, Dr. Yonadab Sraun, melalui sambungan teleponnya kepada Tabura Pos, mengatakan Lukas Barayap berhasil mengharumkan nama Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat dengan kemampuannya bisa mempersembahkan Kalpataru bagi Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat.

Sebagai ungkapan kegembiraan atas penghargaan tersebut, pada Sabtu pagi esok, kata Sraun saat tiba di Manokwari, Kalpataru akan diarak keliling Kota Manokwari untuk selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Papu Barat.

Selanjutnya, Gubernur Papua Barat akan menyerahkanya kepada Bupati Manokwari dan Bupati Manokwari akan melanjutkan menyerahkannya kepada Lukas Barayap.

Menurut Sraun, Barayap layak mendapatkan penghargaan itu karena memiliki kemampuan unik yakni bisa memanggil ikan. Tidak hanya di Bakaro, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Barayap, kata dia, juga pernah membuktikan kemampuannya dengan memanggil ikan di Danau Toba atas undangan Bupati Samosir beberapa tahun lalu.

Dia menambahkan, karena sudah mengharumkan nama Kabupaten Manokwari dan provinsi Papua Barat, pihaknya akan mengusulkan kepada Pemprov Papua Barat dan Pemkab Manokwari untuk memberikan perhatian kepada Barayap.

“Dia selama ini tidak punya apa-apa bisa mengharumkan nama Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat, sehingga kami akan usulkan untuk mendapatkan perhatian. (BNB-R3) 

Dibaca 108 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.