Pengurus RT/RW Perlu Diperkuat SK Bupati | Pasific Pos.com

| 13 November, 2019 |

Pengurus RT/RW Perlu Diperkuat SK Bupati

Papua Barat Penulis  Kamis, 11 Juli 2019 14:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Peran sebagai pengurus RT/RW masih dipandang sebelah mata oleh warga. Hanya dilihat saat membutuhkan surat-surat keterangan dari RT/RW. Salah satu pengurus RT 02 RW 04 Wosi, Yusup Parorongan mengakuinya, bahwa sebagai pengurus RT hanya dipandang sebelah mata. “Kita sudah sering imbau agar warga yang punya tamu ataupun yang pendatang baru di lingkungan kita, wajib lapor, tapi nyatanya mereka datang dan pindah tidak pernah ada yang lapor,”ucap Yusup kepada Tabura Pos kemarin.

Namun, lanjut dia, jika mau mengurus surat-surat, barulah warganya datang. “Kurang pentingnya peran RT/RW dimata warga karena beberapa hal. Pertama kurangnya kesadaran warga dan cenderung menganggap peran RT/RW itu tidak terlalu penting, kedua tidak adanya SK dari Bupati untuk pengurus RT/RW untuk melakukan tugas dan fungsinya ditengah tengah masyarakat, selain itu masih minimnya dukungan terhadap kapasitas pengurus RT/RW dari pemerintah. Kadang warga ada yang menganggap kita ini masih di bawahnya sehingga anggap kita tidak perlu,” ketus dia.

Menurut penilaian dia, apabila ada SK dari Bupati, dapat memperkuat posisi sebagai RT/RW dan bisa dijadikan sebagai dasar melaksanakan tugas dan kewenangannya. “Kejahatan di lingkungan kita sulit terpantau, seperti mereka yang jadi pengedar obat obatan terlarang, atau pelaku tindak kejahatan lainnya kalau kita pengurus tidak ditopang oleh pemerintah,”ucap Yusup berharap menjadi perhatian pemerintah. [CR46-R3]

Dibaca 89 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX