Belum Ada Dana Operasional, Puskesmas Macuan belum Difungsikan | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

Belum Ada Dana Operasional, Puskesmas Macuan belum Difungsikan

Papua Barat Penulis  Kamis, 11 Juli 2019 14:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Meski sudah elesai dibangun, namun hingga saat ini Puskesmas Macuan di SP-5 Distrik Masni belum beroperasi karena belum adanya dana operasional di puskesmas itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, Alfred Bandaso, mengatakan tahun ini tidak dianggarkan dana operasional untuk puskesmas tersebut. “Dana BOK-nya (Bantuan Operasional Kesehatan) juga pasti belum karena BOK itu kita harus registrasi ke Depkes (Kemenkes) baru  bisa turun, baru bisa bagi. JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) juga belum,” kata Bandaso kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (10/7).

Dia menjelaskan, sumber dana untuk puskesmas berasal dari dana operasional yang dialokasikan dari APBD, BOK, dan JKN. Namun, hingga saat ini belum ada dana dari ketiga sumber itu.

“Kita buka terus. Kalau kita mau resmikan kan harus siapkan operasionalnya kan. Nanti kalau kita buka saja terus siapa yang siapkan kertas-lertasnya, petugasnya jalan ke desa-desa, begitu semua jadi bukan kayak buka warung. Ini tidak bisa, harus siapkan semua,” katanya.

Sementara untuk obat-obatan, tenaga medis, dan alat-alat kesehatan, menurut dia, semuanya sudah siap. “Tetapi dana operasionalnya belum ada. Dengan demikian, ATK juga belum ada, mau tulis status bagaimana. Tidak mungkin puskesmas lain mau kasih. Kita juga di sini mau kasih tidak mungkin, kita juga sendiri sudah diatur sesuai kan. Kalau tidak ada operasional bagaimana mau jalan,” tukasnya. (BNB-R3)

Dibaca 76 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX