Gelar Rapat Evaluasi, KPU Komit Lakukan Pembenahan | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

Kepala Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Papua, Diana Simbiak (foto:iis) Kepala Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Papua, Diana Simbiak (foto:iis)

Gelar Rapat Evaluasi, KPU Komit Lakukan Pembenahan

Papua Selatan Penulis  Rabu, 10 Juli 2019 20:57 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Papua, Diana Simbiak mengemukakan bahwa terkait dengan kegiatan rapat evaluasi KPU yang dilaksanakan di Kabupaten Merauke akan membahas beberapa hal penting dan ini tidak terlepas dari surat edaran terkait dengan pemilih berkelanjutan. Sebab ketika pemilih datang menggunakan hak pilih pada tanggal 17 lalu ternyata ada yang terdaftar dalam DPT namun ada pula yang tidak terdaftar sehingga mereka menggunakan hak pilih dengan KTP atau yang disebut dengan DPK.

 Selanjutnya usai pemilu, di dalam PKPU yang ada diminta untuk pemilih yang ada dalam DPK tersebut supaya tetap terdaftar. “Lalu untuk memasuki Pilkada serentak pada 2020 mendatang, kita juga diminta untuk mempersiapkan data DPT kita Pemilu 2019 menjadi DPS yang akan disinkronkan dengan data dari Pemda,”ujarnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel, Selasa (9/7).  Hal tersebut akan dilanjutkan ke PPS untuk disampaikan kepada seluruh warga, baik yang sudah terdaftar, yang belum terdaftar, sudah meninggal atau ada nama yang rangkap agar segera diinformasikan sehingga bisa dicoret. Termasuk soal pemilih pemula yang sama sekali belum terdata.

Ia menjelaskan bahwa dalam rapat evaluasi fokus membahas dua hal penting yaitu mengevaluasi kinerja KPU selama melaksanakan tugas terkait dengan data pemilih dan kendala apa saja yang masih sering dihadapi selama ini. Dengan demikian pihaknya dapat memperbaiki kembali kinerja dan data-data yang ada sehingga tidak terjadi permasalahan menuju Pemilu 2020. Ia menegaskan bahwa di dalam undang-undang sudah dijelaskan bahwa yang memiliki hak pilih adalah warga negara yang sudah berusia 17 tahun ke atas namun jika masih ada yang belum memiliki KTP maka tidak bisa dibiarkan begitu saja sehingga tetap didata agar merekapun dapat menggunakan haknya. Saat ditanyakan tentang partisipasi pemilih dalam pemilu beberapa waktu lalu ia mengungkapkan bahwa partisipasi warga di Papua sudah cukup meningkat.

Dibaca 51 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.