BI Bersama Dinsos Manokwari Sosialisasikan Penyaluran BNT dan BPNT | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

BI Bersama Dinsos Manokwari Sosialisasikan Penyaluran BNT dan BPNT

Papua Barat Penulis  Rabu, 10 Juli 2019 13:32 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Manokwari, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat mensosialisasikan penyaluran Bantuan Non Tunai (BNT) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Selasa (9/7).

Sosialisasi diikuti para koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) dari 7 kabupaten dan kota di Papua Barat.

Kepala BI Perwakilan Papua Barat, Donny Heatubun mengatakan, sebelumnya penyaluran bantuan sosial diberikan kepada masyarakat secara tunai.

Namun, karena ada beberapa kelemahan, sehingga penyalurannya diganti dengan sistem non tunai melalui perbankan dengan menggunakan kartu.

“Dengan menggunakan kartu itu, penerima bantuan dapat mengambil bantuan disetiap perbankan, tidak perlu mengantri lagi. Dalam hal ini, Bank Indonesia memantau non tunai ini,” jelas Heatubun kepada wartawan, kemarin.

Ia menjelaskan, penyaluran BNT sudah dilakukan sejak 2014, namun karena terkendala data dan infrastruktur (jaringan), sehingga dilakukan secara bertahap yang dimulai dari Sorong pada 2018.

Sementara itu, Kepala Dinsos Manokwari, M. Mansyur mengatakan, selain bantuan sosial, sistem penyaluran bantuan pangan tunai juga diubah menjadi non tunai.

Bagi keluarga penerima manfaat kedepan tidak lagi menerima bantuan pangan secara fisik dan mengantri.

Bantuan, dapat diambil dengan menggunakan kartu yang sudah diberikan di kios atau toko yang sudah bekerjasama dengan bank negara di mana saja.

“Ini bantuan sosial beras sejahtera, namun diganti dengan bantuan pangan non tunai dengan tujuan tepat sasaran, tepat jumlah,  mutu, kuantitas, waktu dan administrasi,” jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam BPNT ini, keluarga penerimaan manfaat, tidak hanya mendapatkan beras tetapi juga telur. “Tetap bantuan jumlahnya Rp.110.000, tetapi tidak bisa ditukar dengan uang, hanya bisa dalam bentuk beras dan telur di kios yang sudah bekerjasama. Keluarga penerima harapan tinggal bawa kartu ke kios tersebut,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, jumlah keluarga penerimaan manfaat dari program BPNT di Manokwari kurang lebih 12.000 an. [SDR-R3]

Dibaca 56 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.