Kodim 1707/Merauke Bersana Dinas Pertanian Lakukan Tanam Perdana Di Kampung Kurik | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

Kodim 1707/Merauke Bersana Dinas Pertanian Lakukan Tanam Perdana Di Kampung Kurik

Papua Selatan Penulis  Selasa, 09 Juli 2019 20:52 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Merauke, - Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. bersama Dinas Pertanian kabupaten Merauke melaksanakan tanam perdana perluasan areal sawah/cetak sawah  bantuan Kementrian Pertanian RI Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Tahun 2019 di Kampung Kurik, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Selasa (9/7).

Kegiatan tanam perdana tersebut dihadiri oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si., Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Ir. Samuel, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Merauke Edi Santosa, Pasiter Korem 174/ATW Mayor Inf Sugiman Sajiman, Kepala Kantor Karantina Hewan Kelas 1 Kab. Merauke Muh. Musdar, S.I.P., M.M., Danramil 1707-05/Merauke 1707-05 Mayor Inf Abd. Rahim AS., Kepala Distrik Kurik Maria Viona Boyen, S.I.P. dan Para Kepala Kampung Se Distrik Kurik serta Para Gapoktan Kampung Kurik.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Merauke  Edi Santosa mengatakan bahwa kegiatan tanam perdana perluasan areal sawah ini merupakan lahan cetak sawah tahun 2019 dengan luas 200 Ha.

"Kami berharap disektor pertanian ini stok air harus benar-benar bisa mencukupi, artinya harus adanya drainase (penampung air) yang cukup sehingga petani bisa menanam padi dua kali dalam setahun. Kalau kita bandingkan anggaran untuk membuka lahan sawah yang baru dengan anggaran untuk pembuatan drainase tentu lebih besar pembukaan lahan maka dari itu pada kesempatan kali ini saya berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk pembuatan drainase yang mampu menampung air untuk mencukupi lahan baru ini," ujarnya

Sementara dalam awal sambutannya Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Ir. Samuel mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah yang sampai saat ini telah mendukung kegiatan cetak sawah di wilayah Kab. Merauke dan pada kesempatan kali ini dilakukan tanam perdana dengan dibantu oleh teman-teman dari TNI (Babinsa Kodim 17017/Merauke).

Perluasan area sawah di propinsi Papua dimulai sejak tahun 2015 sampai dengan sekarang tahun 2019 yang mana sudah mencapai 10.115 Ha dan 8.900 Ha berada di kabupaten Merauke, artinya wilayah pertanian Papua 84 % ada di Merauke untuk itu para petani merauke tidak akan bergeser dalam arti luas ke usaha lain.

"Kami berharap dari Pemerintah Kabupaten Merauke adanya Perda yang mengatur tentang kepemilikan lahan sawah untuk tetap bisa ditanami dan tidak bisa dialih fungsikan seperti di Jayapura dan di Nabire yang saat ini sedang dibahas," ujarnya.

Selain menjadi lumbung padi yang besar Kab. Merauke juga dapat menghasilkan beras yang bagus sehingga pada kenyataannya masyarakat Papua paling senang dengan beras yang dihasilkan dari Kabupaten Merauke.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si. mengatakan bahwa dengan adanya masyarakat transmigrasi di Kab. Merauke maka secara tidak langsung akan merubah pola hidup masyarakat asli Merauke dan diharapkan secara perlahan dapat saling bekerja sama untuk terus memajukan sektor pertanian di Kab. Merauke.

”Para petani Merauke akan menjadi sukses bila mereka dapat bekerja keras, ulet, terampil dan sabar”. ungkap Bupati Merauke.

”Sedikit demi sedikit pertanian di Merauke akan semakin maju hal tersebut dapat terlihat dimana dulu dipersawahan belum adanya jalan untuk mengangkut hasil panen sekarang rata-rata sudah ada, alat tanam dan alat panen padi dulu belum ada dan sekarang sudah ada juga”. jelasnya.

Sementara itu, menurut Ketua Gapoktan Kampung Kurik Warambak, Distrik Kurik Bapak Muhammad Erfarofi saat ditemui ditempat tanam perdana tersebut mengatakan bahwa masyarakat Kampung Kurik merasa sangat senang dengan adanya perluasan cetak sawah.
”Dengan adanya perluasan lahan sawah di wilayah ini dapat menambah penghasilan dan kesejahteraan masyarakat setempat”. ungkap Erfarofi.

Terima kasih banyak kepada pemerintah baik pusat maupun daerah yang telah memperhatikan masyarakat petani di wilayah Kampung Kurik ini dan para Babinsa Koramil 1707-05/Merauke jajaran Kodim 1707/Merauke yang selalu aktif mendampingi petani baik mulai dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman dan perawatan serta pada saat panen.

Dibaca 132 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX