Marak Persoalan Kesehatan Dipengaruhi Kinerja Puskesmas yang Kurang Efektif | Pasific Pos.com

| 22 November, 2019 |

Marak Persoalan Kesehatan Dipengaruhi Kinerja Puskesmas yang Kurang Efektif

Papua Barat Penulis  Jumat, 05 Juli 2019 14:44 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manokwari, Yosina Orboy mengatakan, maraknya persoalan kesehatan di masyarakat, dipengaruhi kinerja puskesmas yang dinilainya kurang efektif.

Diutarakannya, hal itu terbukti dengan adanya penemuan berbagai kasus kesehatan di masyarakat oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan lembaga lain yang peduli terhadapp kesehatan.

Padahal, lanjut Yosina Orboy, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran cukup memadai untuk 14 puskesmas di Kabupaten Manokwari sebagai bantuan operasional kesehatan terhadap masyarakat.

“Kami sendiri bingung, apakah puskesmas yang kurang melakukan kunjungan ke rumah atau mereka kurang jeli melihat persoalan kesehatan di masyarakat,” katanya dengan nada tanya saat ditemui Tabura Pos di ruang kerjannya, Kamis (4/7).

Ia mengungkapkan, dalam rangka pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, Dinkes Kabupaten Manokwari sudah membuat program yang bisa menyentuh masyarakat secara langsung, dilakukan unit kerja seperti puskesmas, pustu, dan posyandu.

Ditambahkan Yosina Orboy, tugas puskesmas adalah melakukan pelayanan, bukan hanya pelayanan di gedung, tetapi juga mengunjungi masyarakat, sehingga mengetahui kendala kesehatan yang dialami masyarakat.

Untuk menyelesaikan persoalan kesehatan di Manokwari, ia mengatakan, ke depan, pihaknya akan fokus terhadap pelaksanaan program kesehatan lingkungan dan masyarakat. Tujuannya, untuk mendeteksi secara dini penyakit kronis yang dialami masyarakat.

Di samping itu, tambah Yosina Orboy, Dinkes juga akan terus berupaya melakukan penyuluhan terhadap masyarakat tentang arti penting kesehatan serta faktor yang bisa mempengaruhi munculnya suatu penyakit.

“Masyarakat juga jangan tinggal diam, tetapi proaktif memberi informasi ke puskesmas apabila menemukan ada tetangganya atau sanak saudara yang menderita suatu penyakit,” pinta Yosina Orboy. [BOM-R1] 

Dibaca 96 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX