588 Orang CPNS K2 akan Ikut Diklat Prajabatan | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

588 Orang CPNS K2 akan Ikut Diklat Prajabatan

Papua Barat Penulis  Jumat, 05 Juli 2019 14:40 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bintuni, TP - Sebanyak 588 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Kategori 2 (K2) akan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pra Jabatan (Prajab) yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Teluk Bintuni.

Kepala BKPP Kabupaten Teluk Bintuni, Wellem Tomouw, S.IP kepada Tabura Pos, di ruang kerjanya, Kamis (4/7), mengatakan, Diklat rencana akan dilaksanakan pada 10-16 Julu 2019.

“Diklat Prajab ini rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT pada tanggal 10 Juli 2019 yang akan berlangsung di Gedung Serba Guna Bintuni. Acara tersebut juga akan dhadiri langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua Barat Edu Nunaki,” jelasnya.

Ia mengklaim, jumlah peserta Diklat Pra Jabatan dari CPNS K2 Kabupaten Teluk Bintuni tahun ini memecahkan rekor sebagai peserta terbanyak di seluruh provinsi Papua Barat bahkan di seluruh Indonesia.

“Kabupaten Teluk Bintuni memecahkan rekor memiliki peserta Diklat Prajab terbanyak di provinsi Papua Barat atau mungkin secara nasional ini merupakan peserta yang paling banyak di seluruh Indonesia dari honorer K2 yang sudah diangkat oleh Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia menjadi CPNS sebanyak 588 orang,” terangnya.

Lanjut dia, para CPNS K2 tersebut semuanya diberikan kesempatan oleh Menpan RB untuk mengikuti Diklat Prajab di tahun 2019 dan itu merupakan Diklat Prajab terakhir karena semua CPNS K2 dihabiskan tahun ini, sebab sudah tidak ada lagi Diklat Prajab.

Ia mengutarakan, karena jumlah peserta begitu banyak, maka pelaksanaan Diklat Prajab dibagi dalam 4 gelombang yang mana, setiap gelombang dibagi menjadi 4 angkatan yang terdiri dari 40 peserta, sehinga dalam 1 gelombang terdapat 160 peserta yang mengikuti Diklat Prajab.

“Karena sistemnya dari CPNS K2 maka peserta dari setiap gelombang akan mengikuti Diklat Prajab selama 1 minggu atau 7 hari kalender. Karena peserta terbagi dalam 4 gelombang maka tentunya pelaksanaan Diklat Prajab ini diperkirakan akan berjalan selama sebulan lebih. Kemudian untuk tempat pelaksanaan Diklat Prajab itu akan dilaksanakan di gedung sekolah Yayasan Pendidikan Baitul Amin kampung Banjar Ausoy. Dimana kami sudah melihat ruangan di sana itu cukup banyak sehingga pimpinan yayasan sudah mengijinkan untuk kami menggunakan beberapa ruangan untuk melaksanakan Diklat Prajab di tempat tersebut,” akunya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan pra jabatan pihaknya hanya menggunakan 7 ruangan dari gedung sekolah Yayasan Baitul Amin yaitu untuk ruang medis, sekretariat, panitia atau tempat istirahat itu masing-masing menggunakan 1 ruangan serta 4 ruangan lainnya akan digunakan sebagai tempat peserta mengikuti diklat Prajab.

Selanjutnya, untuk standar kediklatan peserta wajib di asramakan, sehingga pihaknya merencanakan untuk meminjam 14 kamar yang ada di gedung Sanggar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) yang ada di Jalur 9 kampung Banjar Ausoy untuk digunakan sebagai tempat menginap bagi peserta selama mengikuti Diklat Prajab.

Ia menambahkan, setiap hari Diklat dilaksanakan mulai pukul 04.00 WIT subuh yaitu peserta melakukan olah raga kemudian pukul 06.00 WIT peserta pulang mandi lalu pukul 07.00 WIT kembali masuk ke kelas masing-masing untuk menerima materi dan gemblengan dari instruktur Diklat dan itu

berlangung hingga pukul 19.00 WIT atau pukul 07.00 malam peserta pulang ke asrama atau rumah mereka untuk istirahat.

“Sedangkan instruktur atau pengajar Diklat Prajab itu berasal dari widyaswara BPSDM provinsi Papua Barat yang akan kami fasilitasi 3 sampai 5 orang yang akan hadir untuk mengajar pada Diklat Prajab ini ditambah 2 orang dari Widyaswara Bintuni. Jadi Instruktur atau pengajar diperkirakan ada 5 sampai 7 orang dimana 1 orang Widyaswara akan menangani 2 kelas. Saat ini kami terus jalin komunuikasi dengan mereka untuk mendapatkan jadwal pelajaran. Untuk persiapan pelaksanaan Diklat Prajab ini kami sudah sangat siap,” pungkas Tomouw. [ABI-R4] 

Dibaca 96 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.