Terkait Kepercayaan Masyarakat, ‘Puslitbang Lakukan Penelitian Di Polres Merauke’ | Pasific Pos.com

| 20 November, 2019 |

Tim saat melakukan penelitian (foto:ist) Tim saat melakukan penelitian (foto:ist)

Terkait Kepercayaan Masyarakat, ‘Puslitbang Lakukan Penelitian Di Polres Merauke’

Papua Selatan Penulis  Minggu, 30 Jun 2019 23:38 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Tim Puslitbang Polri belum lama ini melaksanakan penelitian terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat di wilayah hukum Polres Merauke.  Penelitian dipimpin oleh Kombes Pol Drs.Pratikno,  anggota Prof Dr Dwi Purwoko MSi, APU, AKBP Drs Sunaryanto dan Penata Budi Prayitno. Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Kepolisian Resor Merauke, AKBP Bahara Marpaung, SH dan ucapan selamat datang kepada tim. Kapolres mengharapkan  tim dan rombongan dapat melaksanakan penelitian dengan baik selama di Merauke.

Turut dilaporkan pula tentang  situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Merauke dan angka kecelakaan lalu lintas. Untuk situasi di Merauke terbilang kondusif sedangkan angka kecelakaan lalu lintas masih cukup tinggi. Menurut Kapolres semua itu merupakan dinamika dari perkembangan yang terjadi.  “Kami merasa bangga dan mengapresiasi tim yang telah datang di bumi Anim Ha. Terimalah salam orang Merauke, izakod bekai, izakod kai satu hati dan satu tujuan. Kami juga menyampaikan permohonan maaf bila ada kekurangan dalam pelayanan kami,”ungkapnya.

Adapun tujuan penelitian untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap  5 fungsi layanan kepolisian yaitu : fungsi lalu lintas, reserse, intel , Binmas dan Sabhara. Dalam penelitian ada 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu : bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability),  daya tanggap (responsiveness), jaminan (asurance) dan kesesuaian (conformance). Sasaran / sampel  penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Merauke. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuisioner kepada masyarakat dan selain respoden masyarakat. Sebanyak 250 kuisioner yang disebarkan kepada masyarakat.

Sejumlah kalangan yang mendapatkan kuisioner antara lain Satpol PP,Universitas Musamus,Lapas Merauke dan SMA Negeri 1 Merauke. Tim meminta kepada masyarakat untuk memberikan penilaian terhadap kinerja Polri di wilayah tersebut. Kuisioner tersebut akan dijadikan barometer untuk menilai seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan pihak kepolisian khususnya di Kabupaten Merauke.

Dibaca 162 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.