Semua Sekolah Diharap Terakreditasi | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Drs.Nirwanto, M.Pd saat melepas tanda peserta(foto:iis) Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Drs.Nirwanto, M.Pd saat melepas tanda peserta(foto:iis)

Semua Sekolah Diharap Terakreditasi

Papua Selatan Penulis  Minggu, 30 Jun 2019 21:31 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Drs.Nirwanto, M.Pd mengharapkan secara perlahan di tahun 2020 nanti semua sekolah dapat terakreditasi.  Pasalnya di Kabupaten Merauke sekitar 183 sekolah madrasah yang belum terakreditasi serta ada sekolah yang akan habis masa akreditasinya. Ia menilai permasalahan pendidikan di daerah ini cukup kompleks dan menjadi tantangan tersendiri karena suka tidak suka semua sekolah harus terakreditasi.  

Diakui tenaga yang menguasai IT khususnya di tingkat SD yang ada di daerah pedalaman masih sangat minim sehingga untuk pengisian data dan hal-hal penting lainnya dapat dilakukan di tingkat distrik atau di kota yang sudah memiliki fasilitas lengkap. “Pelatihan asesor sekolah/madrasah dilaksanakan guna mempersiapkan asesor yang mampu melaksanakan akreditasi dengan baik. Namun sebelum turun ke lapangan perlu melakukan koordinasi karena bisa saja kepala sekolah tidak berada di tempat mengingat padatnya tugas yang harus dikerjakan atau bertepatan dengan waktu libur sekolah,”jelasnya pada acara penutupan mengemukakan pelatihan asesor di Coreinn Hotel belum lama ini.

Para asesor diharapkan dapat mengemban tanggung jawab dengan baik karena menjadi seorang asesor bukan untuk mencari sesuatu yang lain namun semata-mata lahan untuk pengabdian. Jadi harus mengedepankan tanggung jawab penuh di dunia pendidikan, tidak hanya di kabupaten maupun lingkup provinsi namun mencakup tanggung jawab di seluruh jajaran pendidikan, baik di pendidikan dasar, menengah, atas hingga perguruan tinggi. Unmus sudah terlibat ikut membantu BAN dan sebagai tanggung jawab dan tugas yang baru asesor tentu tidak ringan.
 
Terlebih di daerah 3T yang penuh tantangan berat namun dengan semangat yang ada diharapkan dapat dilalui dengan baik sehingga mutu pendidikan di Provinsi Papua dapat meningkat. Kegiatan yang dilaksanakan BAN sekolah/madrasah merupakan aturan secara nasional dan kemungkinan di provinsi lain sudah berjalan dengan cukup baik sedangkan di Papua masih jauh dari harapan. “Oleh sebab itu secara bertahap kita mulai melakukan upaya khususnya dalam pelaksanaan akreditasi sekolah,”pungkasnya.

Dibaca 64 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.