Gunakan sistem PPDB, Sekolah Dilarang Memungut Biaya Tambahan | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Gunakan sistem PPDB, Sekolah Dilarang Memungut Biaya Tambahan

Papua Barat Penulis  Sabtu, 29 Jun 2019 13:36 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMA untuk seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua Barat mulai dibuka tanggal 1 sampai 6 Juli 2019.

Kepala Bidang (Kabid) SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Adolfina Oray, M.Pd, mengaku, untuk proses PPDB sendiri diberlakukan sistem zonasi namun tidak secara merata.

“Tidak semua sekolah diberlakukan sistem zonasi, hanya ada beberapa sekolah yang diwajibkan menggunakan zonasi dalam perekrutan siswa baru,” kata Oray kepada Tabura Pos di ruang kerjannya, Jumat (28/6).

Lanjut dia, untuk Kabupaten Manokwari sendiri, hanya ada 3 sekolah yang memberlakukan sistem zonasi. SMA Negeri 1 di Reremi, SMA Negeri 2 di Wosi dan SMA Negeri 3 di Arfai dengan jumlah siswa yang diterima masing-masing paling maksimal 360 siswa.

Ia mengungkapkan, aturan itu mengaku dari Permendikbud No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB, dengan memperhatikan berbagai macam pertimbangan dan kondisi daerah dan bertujuan untuk pemerataan pendidikan.

Oray menekankan, dalam sistem PPDB sendiri pihak sekolah dilarang untuk memungut biaya tambahan dari orang tua murid, tetapi harus dijalankan semua proses secara gratis.

“Sekolah tidak beloh pungut biaya dari para orang tua, anggaran kegiatan ini kan sudah ingklut di dana bos sesuai penetapan Pemerintah,” tambah dia.

Disinggung apakah sistem zonasi sudah disosialisasikan kepada masyarakat, Oray mengakui, pihak dinas memang belum pernah mensosialisasikan aturan ini secara umum di masyarakat, namun pihak sekolah sudah mensosialisasikannya kepada orang tua murid.

“Suka tidak suka aturan ini harus diterima oleh masyarakat karena sejujurnya aturan ini sangat membantu anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak sekaligus meringankan ekonomi keluarga,” pungkas dia. [BOM-R3]

Dibaca 80 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX