Dinas Kearsipan dan Perpustakaan akan Terapkan Sistem Door to Door | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan akan Terapkan Sistem Door to Door

Papua Barat Penulis  Sabtu, 29 Jun 2019 13:35 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Minat baca masyarakat Manokwari saat ini masih rendah. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan berencana menginformasikan buku-buku penting yang diminati masyarakat hingga ke rumah-rumah.

“Kami punya cara tapi belum terlaksana, harus bikin semacam supaya informasi buku-buku penting bisa sampai ke rumah-rumah. Misalnya buku-buku tentang resep masakan. Kami rencana seperti itu,” sebut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manokwari, Agustinus Moktis kepada wartawan di ruang kerjanya baru-baru ini.

Selain menginformasikan buku-buku penting, menurut dia, pihaknya juga selalu mendatangkan buku baru. Untuk tahun ini, pihaknya akan mendatangkan sekitar 6.000 buku baru.

“Tahun ini kami memperolah bantuan dari pemerintah pusat melalui DAK. Kami merencanakan pengadaan 6.000 buku,” katanya.

Nantinya, sambung dia, buku-buku itu akan dipilah sebelum didistribusikan. Selain untuk menambah koleksi perpustakaan daerah, buku-buku itu juga akan didistribusikan ke perpustakaan di sekolah-sekolah mulai dari TK sampai SMP serta ke taman-taman baca yang ada di Kabupaten Manokwari.

“Nah ini yang menjadi prioritas kami. Ini yang sudah ada di dokumen anggaran tahun ini. Prosesnya baru sampai pada persiapan kontrak. Jika sudah siap, tinggal dikomunikasikan keluar untuk mendatangkan buku dari penerbit-penerbit yang ada,” sebutnya.

Dia mengakui bahwa banyak penerbit yang menawarkan buku kepada pihaknya. Namun, pihaknya juga melakukan seleksi terhadap penerbit yang akan menyuplai buku ke perpustakaan tersebut.

“Karena disesuaikan dengan kebutuhan daerah,” tegasnya.

Dia menambahkan, pembagian buku ke sekolah-sekolah dan taman baca disesuaikan dengan lokasi. Untuk sekolah atau taman baca di pesisir, buku yang diberikan yang berkaitan dengan kehidupan di laut. Sedangkan untuk sekolah-sekolah dan taman baca yang bukan di daerah pesisir, buku yang diberikan di antaranya tentang cara bercocok tanam dan budidaya ikan air tawar. (BNB-R3)

Dibaca 86 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX