Dinas PUPR Akan Segera Kerjakan Box Cover Jembatan Jalan Kilometer V Yang Rusak | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Dinas PUPR Akan Segera Kerjakan Box Cover Jembatan Jalan Kilometer V Yang Rusak

Papua Barat Penulis  Sabtu, 22 Jun 2019 09:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bintuni, TP - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Teluk Bintuni akan segera mengambil langkah untuk memperbaiki box cover jembatan jalan kilometer V kampung Wesiri distrik Bintuni yang saat ini nampak berlubang disebabkan timbunan koral yang berada di box cover tersebut terbawa arus kali saat banjir.

Hal itu dikatakan Kepala PUPR Kabupaten Teluk Bintuni A. Tommy Tulak, ST kepada Tabura Pos saat dikonfirmasi, Kamis (19/6) siang di ruang kerjanya di Kantor PUPR Kompleks Pemerintahan Pemda Teluk Bintuni di Bumi Saniari Distrik Manimeri SP-3.

Kepala PUPR itu juga menyebutkan bahwa pihaknya sudah menyerahkan surat perintah kerja (SPK) kepada penyedia jasa yang telah ditunjuk langsung yaitu masyarakat lokal yang memiliki CV yang tinggal di sekitar lokasi tersebut untuk segera mengerjakannya.

“Saya sudah perintahkan kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) agar segera mengingatkan kepada penyedia jasa untuk segera memperbaiki box cover jembatan jalan yang rusak di jalan kilometer V. Secara teknis penyedia jasa itu nantinya akan membuat talud untuk melindungi timbunan yang ada dalam box cover agar tidak terbawa arus air yang kencang saat banjir. Setelah talud itu selesai box cover itu lalu ditimbun sehingga jalan kembali normal dan jalan yang berlubang tersebut dapat teratasi serta dapat menghindari jalan terputus. Kali tersebut posisinya tidak lurus tetapi menikung akibatnya saat terjadi hujan maka arus air yang kencang akan menghantam box cover menyebabkan timbunan yang ada didalam box cover akan terbawa arus air kali. Jadi kalau box cover itu hanya ditimbun percuma jadi harus ditalud lebih dulu. Sebab kami sudah 3 kali menimbun box cover tersebut dan melapisi seng aspal dibawah box cover sebelum ditimbun namun tetap air membawa timbunan tersebut saat banjir dan itu tidak efektif karena tahun ini curah hujan cukup extrim sehingga perlu dibuat talud untuk melindungi box cover. Dan kerusakan box cover jembatan kilometer V tersebut harus segera dikerjakan karena sudah emergency,” terang Tommy.

Ditempat yang sama, PPK pengerjaan box cover jembatan jalan kilometer V kampung Wesiri Charles Qinuni saat mendampingi Kepala Dinas PUPR juga mengatakan hal yang sama yaitu bahwa Dinas PUPR Teluk Bintuni sendiri sudah beberapa kali mengambil langkah untuk menimbun box cover jembatan yang rusak namun karena arus air sangat deras saat banjir terjadi maka timbunan koral yang berada di dalam box cover tergerus dan terbawa air menyebabkan jalan ikut rusak.

“Dinas PUPR Teluk Bintuni beberapa hari lalu sudah menyerahkan SPK kepada penyedia jasa yaitu penunjukkkan langsung kepada kepala kampung setempat yaitu Markus Iba selaku penyedia jasa yang memiliki CV untuk mengerjakan  box cover jembatan jalan yang rusak tersebut dan saat ini dia sedang mencari tukang untuk mengerjakan talud guna melindungi timbunan box cover saat terjadi banjir lebih dulu. Dan kami sudah mengingatkan penyedia jasa itu agar segera mengambil langkah karena ini emergency,” kata Charles. [ABI]

Dibaca 104 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.