SiLPA Rp 56 Miliar Menjadi Pembelajaran Penyerapan Anggaran Tahun ini | Pasific Pos.com

| 16 December, 2019 |

SiLPA Rp 56 Miliar Menjadi Pembelajaran Penyerapan Anggaran Tahun ini

Papua Barat Penulis  Rabu, 19 Jun 2019 19:04 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (SiLPA) Kabupaten Manokwari pada Tahun Anggaran 2018 mencapai Rp 56.812.623.713,49. Oleh karena itu, menjadi pembelajaran Pemkab Manokwari agar penyerapan anggaran tahun anggaran 2019 bisa lebih baik.

Menurut Sekda Kabupaten Manokwari, Aljabar Makatita SiLPA bisa terjadi karena anggaran tidak terserap di masing-masing OPD secara optimal. “Kemudian ada kegiatan proyek-proyek yang memang tidak bisa terealisasi semua, begini ada proyek misalnya Rp 1 miliar, nah setelah dilelang dan sebagainya tidak sampai Rp 1 miliar walau plafonnya Rp 1 miliar. Jadi ada sisa anggaran dari kegiatan-kegiatan yang kalau dikumpulkan jumlahnya memang demikian,” sebut Makatita kepada wartawan di Gedung Wanita, Jalan Percetakan Negara Manokwari, Selasa (18/6).

Oleh karena itu, kata dia, pada rapat terkait penyerapan anggaran sementer I, pihaknya mengharapkan agar di tahun 2019 sudah bisa menginventarisir kendala realisasi anggaran agar tidak menunggu akhir tahun baru berlomba-lomba merealisasikan anggaran.

“Ada proyek yang baku kejar sampai tanggal 31 (Desember), ada yang mau Natal juga belum selesai. Nah itu jauh-jauh hari kita sudah bisa mengantisipasi itu sehingga laporan keuangan kita ke depan akan lebih baik,” katanya.

Sebelumnya, ketika menyampaikan Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Akhir Tahun Anggaran 2018 di gedung DPRD Kabupaten Manokwari, baru-baru ini, Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan menyebut SiLPA pada APBD Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 56.812.623.713,49.

Jumlah tersebut, menurut Bupati, merupakan sisa anggaran yang tidak dapat digunakan, yang terdiri dari sisa dana lelang, setoran kembali ke kas daerah atas sisa anggaran belanja yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, dan sisa kurang bayar kepada pihak penyedia jasa atau pihak ketiga. (BNB-R3)

Dibaca 120 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.