Nabire Berseri, Legislator Papua Nilai Siapapun Bisa Jadi Bupati | Pasific Pos.com

| 20 July, 2019 |

John NR Gobai John NR Gobai

Nabire Berseri, Legislator Papua Nilai Siapapun Bisa Jadi Bupati

Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE – Kabupaten Nabire dalam waktu dekat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Bupati dan Wakil Bupati Nabire), untuk itu sejumlah kalangan telah banyak membicarakan hal ini, salah satunya datang dari mantan Dewan Adat Papua di Paniai, John NR Gobai.

John Gobai yang kini menjabat anggota DPRP Papua, berpendapat bahwa Nabire Berseri, siapapun bisa maju dan menjadi Bupati Nabire. Bola bulat jadi siapapun dia yang mau maju di Nabire silahkan dan semua tergantung peluang serta kesempatan.

Dikatakan, Nabire adalah salah satu daerah yang heterogen, Nabire juga ada karena orang berkumpul di daerah Navandu ini. namun kita juga ingat bahwa disini ada suku asli mereka juga mulai bangkit ingin memimpin.

“Namun kembali kepada apa yang saya sampaikan diatas semua punya hak yang sama dan bola bulat belum lonjong menuju ke siapa-siapa. Mari memberikan pendidikan politik yang benar kepada rakyat, jangan mendidik dengan uang politik karena hanya akan menghancurkan moral rakyat,” ujarnya belum lama ini,

Diakui, memang politik butuh uang tapi harap bukan uang untuk merusak moral rakyat, sehingga menjadi masyarakat pemalas untuk kelola potensi dan mengharap pemerintah.

“Didiklah rakyat menjadi mandiri dan memperjuangkan hak-hak mereka dan bekerja untuk mengelola potensinya. Pemerintah hanya perlu menyediakan regulasi untuk proteksi dan pemberdayaan,” katanya.

Apa potensi Nabire, lanjutnya, tambang, hutan, kelautan dan perikanan dan pangan lokal. Rakyat hari ini butuh pemimpin yang dapat membuat mereka menjadi tuan dan mendapat akses pasar, modal dan pembinaan yang khusus melalui regulasi dan kebijakan yang berpihak kepada orang asli Nabire dan orang asli Papua di nabire khususnya, bukan pemimpin yang hanya karena ada uang tetapi miskin konsep.

Hal lain menurut John, adalah menciptakan kondisi yang aman dengan pendistribusian lapangan kerja serta pengendalian keberadaan minuman keras (Miras) agar Nabire tetap Nabire yang berseri.(wan)

Dibaca 44 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.