PLN Fokus Siapkan Operasional PLTMG | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Kantor PLN UP3 Merauke (foto:ist) Kantor PLN UP3 Merauke (foto:ist)

PLN Fokus Siapkan Operasional PLTMG

Papua Selatan Penulis  Minggu, 16 Jun 2019 22:07 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Manager PLN UP3 Merauke, Daniel Tampubolon mengemukakan bahwa dalam kurun waktu satu dua bulan terakhir pihaknya tengah fokus menyelesaikan tahap transisi terkait dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Mesin Gas (PLTMG) Merauke 1 dan Merauke 2.  Rangkaian pengujian juga sudah dilakukan untuk PLTMG Merauke 2 dan diharapkan dalam triwulan 3 tahun ini dapat lebih optimal dan masyarakat sudah bisa menikmati suplay listrik secara kontinyu dari PLMTG Merauke 2.  “Bahan bakarnya bisa dari minyak seperti yang kita lakukan saat ini dan secara bertahap jika nanti infrastruktur suplay gasnya sudah memenuhi kita akan konversi ke gas dengan harapan biaya produksinya akan turun,”ujarnya pada jumpa pers di aula Kantor PLN belum lama ini.

Ia menjelaskan, nantinya ketika PLTMG beroperasi maka pihaknya akan merelokasi sejumlah pembangkit ke Tanah Merah dan memperkuat yang ada di Kepi serta Bupul karena pihaknya melihat pemakaian tenaga listrik semakin meningkat di wilayah tersebut. Begitu pula ke depan, akan fokus di wilayah-wilayah lain yang dinilai masih perlu penguatan. Termasuk di kawasan perbatasan Sota mengingat di Sota akan dibangun PLBN sehingga pembangkit di sana akan ditingkatkan. Lebih lanjut ia menjelaskan, jika ada gangguan sehingga menyebabkan pemadaman yang sifatnya mendadak maka yang pertama kali dilakukan adalah melokalisir atau membatasi wilayah pemadaman sehingga tidak semakin meluas.

Caranya dengan mematikan beberapa segmen dan menelusuri sumber gangguan tersebut.  Menyinggung tentang program Papua Terang di kawasan PLN UP3 Merauke, pada tahun 2019 ini PLN akan melistriki Kabupaten Boven Digoel dan Mappi. Jadi ada 63 desa yang akan dilistriki sedangkan pada tahun  2018 yang masih dalam tahap penyelesaian ada di Distrik Anim Ha dimana PLN tengah membangun PLTS.  Memang masih ada sejumlah distrik yang belum masuk program tahun ini sehingga akan dimasukkan pada program tahun 2020 mendatang. Seperti di Ngguti dan Kaptel karena masih dalam tahap survey selanjutnya masuk tahap pengusulan ke wilayah dan pusat.

Dibaca 128 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.