Danrem 172/PWY : Prajurit Korem Wajib Ikuti Pemeriksaan HIV | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar

Danrem 172/PWY : Prajurit Korem Wajib Ikuti Pemeriksaan HIV

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 27 Mei 2019 21:16 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, - Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kol. Inf. J. Binsar Parluhutan Sianipar menegaskan bahwa seluruh prajurit anggota Korem 172/PWY  wajib mengikuti tes HIV.  Penegasab inindisampaikan usai mengikuti sosialisasi HIV  KPA Kota Jayapura.

Korem 172/PWY menyelenggarakan sosialisasi pencegahan HIV AIDS dan IMS  diikuti sebanyak 150 orang prajurit dan PNS Korem 172/PWY bertempat di Aula Makorem, pada Senin (27/5).

Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar sangat  mengapresiasi kegiatan Sosialisasi yang diselenggarakan bersama KPA Kota Jayapura, yang dihadiri pula oleh Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, mm, selaku ketua pelaksana KPA Kota Jayapura.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi HIV/AIDS dan IMS ini, dengan tujuan agar prajurit TNI, khususnya prajurit dan PNS Korem 172/PWY mengetahui akan bahaya dan resikonya yang begitu tinggi, sehingga dapat bersikap dan berperilaku yang tepat dalam bersosial khususnya dalam hidup berkeluarga," ujar Danrem.

Lebih lanjut Danrem mengatakan bahwa saat ini penyebaran penyakit HIV/AIDS dan IMS di papua begitu tinggi. Ironisnya data menunjukkan bahwa para penderita itu umumnya adalah usia produktif, usia 25 - 49 tahun, dan ini menegaskan bahwa penyebaran HIV-AIDS di Papua kian memprihatinkan. Penyakit ini juga menjadi salah satu ancaman serius bagi Papua.

"Saya berharap agar prajurit dan PNS dapat menyimak dengan baik pengetahuan yang didapatkan dari sosialisasi ini, sehingga dapat diteruskan kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya juga kepada keluarganya masing-masing," ujar Danrem.

Turut pula memberikan sambutan Ketua pelaksana KPA Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, mm, yang mengatakan bahwa Sosialisasi ini pencegahan HIV AIDS dan IMS sangat penting karena saat ini sudah terinsfeksi 6531 jiwa penderita HIV AIDS di Jayapura. Penyakit ini adalah musuh kita bersama dan tidak memandang siapapun bisa terjadi pada masyarakat, pegawai negeri atau pun TNI.

"Untuk mencegah penyakit HIV AIDS ini berkembang, maka saya minta kepada masyarakat, TNI maupun Polri dan semua komponen untuk melalukan pencegahan preventif dan pemerintah juga harus turun tangan untuk menggalakan Program Berani Periksa Diri melalui pemeriksaan sukarela sehingga dapat mengantisipasi serta mengurangi jumlah yang terinfeksi," ujar H. Rustan Saru

Sosialisasi Pencegahan HIV AIDS dan IMS pun dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Narasumber Ibu Sri Rahayu dari KPA Kota Jayapura. Usai sosialisasi, para prajurit dan PNS Korem172/PWY melaksanakan pemeriksaan secara sukarela yang dilaksanakan tim dari KPA Kota Jayapura.

Pengambilan sampel darah dilakukan pula oleh Danrem 172/PWY yang di ikuti oleh seluruh prajurit dan PNS sebagai wujud mendukung gerakan Program berani periksa diri dalam melakukan pencegahan Virus HIV AIDS dan IMS di kota Jayapura.

Dibaca 126 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX