Jurusan Gizi Poltekkes Jayapura Siap Tarik Mahasiswa PKL di Kabupaten Jayapura | Pasific Pos.com

| 25 June, 2019 |

Sri Iriyanti, SKM,.M.Gz Sri Iriyanti, SKM,.M.Gz

Jurusan Gizi Poltekkes Jayapura Siap Tarik Mahasiswa PKL di Kabupaten Jayapura

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 20 Mei 2019 10:06 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

   Jayapura, - Program studi (Prodi) D3 Gizi, Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura siap menarik mahasiswa Praktek Kerja Lanpangan (PKL) di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Ketua Prodi D3 Gizi, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jayapura, Sri Iriyanti, SKM.,M.Gz mengatakan, sesuai jadwal akademik, dalam waktu dekat Prodi D3 Gizi, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jayapura akan melakukan penarikan mahasiswa PKL Desa/Kampung di Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Papua.

   Ka.Prodi D3 Gizi, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jayapura menjelaskan, kami tempatkan sebanyak 15 mahasiswa PKL di 3 Desa/Kampung di Distrik Sentani Timur untuk melakukan PKL lanjutan untuk mencapai kompetensi di masyarakat. Ke 15 mahasiswa kami, kata Sri Iriyanti, saat ini mereke sedang PKL di tiga Desa/Kampung di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura yakni Kampung Asei Kecil, Kampung Nolokla dan Kampung Nendali.

   Ke-15 mahasiswa kami melakukan PKL Desa/Kampung di tiga Kampung di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura ini lanjutan dari PKL tingkat Puskesmas di Kota Jayapura selama dua minggu, masing-masing Puskesmas Abepura, Puskesmas Kotaraja, Puskesmas Waena dan Puskesmas Kwano di Entrop, Japsel. Tujuan dari PKL Desa/Kampung ini, terang Sri Iriyanti, adalah untuk mencapai kompetensi di masyarakat. Adapun PKL ini bertujuan untuk lebih mendekatkan Program Intervensi Gizi Masyarakat (PIGM)

   Ada 3 SKS bagi mahasiswa semester akhir (semester VI-red) sehingga kami harapkan 2 SKS mahasiswa melakukan PKL di Desa/Kampung dan 1 SKS di Puskesmas. Dengan demikian, ke-15 mahasiswa hingga kini masih melakukan praktek di lapangan. Mereka melaksanakan program-program Gizi yang ada di masyarakat dan melakukan evaluasi program Gizi di masyarakat. Karena itu, harapan kami, terang Ka. Prodi D3 Gizi, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jayapura, kedepan mahasiswa kami ini siap bekerja, berkompetensi atau bersaing dengan lulusan-lulusan lainnya khususnya pada program Gizi di masyarakat.

   Lebih lanjut Ka. Prodi D3 Gizi, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jayapura menambahkan, PKL bagian daripada mata kuliah yang terkait dengan program intervensi Gizi masyarakat. Jadi, mahasiswa kami sudah turun ke lapangan terlebih dahulu untuk mengambil data, kemudian nanti intervensi yang dilakukan inilah yang sementara ini mereka lakukan kurang lebih selama sebulan atau tiga minggu.

   Jadi sambung Ka. Prodi D3 Gizi, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jayapura, PKL Desa/Kampung ini merupakan salah satu tujuan yang harus mereka ambil pada semester akhir atau semester VI khususnya untuk Prodi D3 Gizi, Jurusan Gizi Poltekkes Kemekes Jayapura,"tambah Sri Iriyanti. (Hendry Holago)

Dibaca 82 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.