Sosialisasi Permendagri Sebagai Pedoman Pembentukan Produk Hukum | Pasific Pos.com

| 24 July, 2019 |

Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Mimika saat membuka kegiatan sosialisasi Permendagri Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Mimika saat membuka kegiatan sosialisasi Permendagri

Sosialisasi Permendagri Sebagai Pedoman Pembentukan Produk Hukum

Lintas Daerah Penulis  Selasa, 14 Mei 2019 22:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Bagian Hukum Setda Mimika menggelar sosialisasi  Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 120 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 80 tahun 2015 tentang produk hukum daerah yang berlangsung di Hotel Grand Tembaga Selasa (14/5) di ikuti oleh dari masing masing OPD selama satu hari.

Penyelenggaraan kegiatan publikasi peraturan perundangan undangan ini sebagai pedoman atau acuan untuk pembentukan produk hukum daerah atau untuk memperoleh pengetahuan tentang bagaimana menuangkan materi muatan yang diatur kedalam produk hukum daerah secara singkat dan jelas dengan  bahasa yang baik dan muda dipahami oleh masyarakat.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Mimika  Dr I Nyoman Putu Arka  mengatakan pembentukan produk hukum daerah diperlukan persiapan yang matang diantaranya dibutuhkan pengetahuan mengenai materi muatan yang akan diatur dalam produk hukum daerah itu.

Serta pengetahuan tentang bagaimana menuangkan materi dalam produk hukum daerah secara singkat dan jelas mengunakan bahasa yang baik serta mudah dipahami oleh setiap masyarakat dan para pengguna produk hukum.

"Dengan pembentukan produk hukum daerah diperlukan adanya suatu proses atau prosedur penyusunan produk hukum daerah agar lebih terarah dan terkoordinasi. Semua ini harus disusun secara sistematis tanpa meninggalkan tata cara sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dalam penyusunan kalimatnya," kata Nyoman.

Nyoman mengatakan salah satu acuan yang harus diikuti dan harus digunakan dalam pembentukan produk hukum daerah adalah Permendagri Nomor 120 Tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah

"Semua ini demi terwujudnya efisiensi dan efektivitas administrasi penyelenggaran pemerintah daerah serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat atas produk hukum daerah yang baik mengikat dan aspiratif," kata Nyoman.

Melalui kegiatan publikasi peraturan perundang-undangan ini diharapkan kepada aparat pemerintah Kabupaten Mimika untuk dapat lebih mengetahui memahami Permendagri Nomor 120 Tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 20 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah yang sesuai dengan perkembangan masyarakat, pemerintah dan pembangunan

Namun yang tak kalah pentingnya melalui publikasi peraturan perundangan ini diharapkan akan ada persamaan persepsi penyusunan naskah produk hukum daerah yang berdaya guna dengan tepat memperhatikan parameter atau rambu-rambu penyusunan produk hukum daerah.

"Saya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik agar semua peserta dapat mensosialisasikan kembali di lingkungan kerja masing-masing," kata Nyoman

Dijelaskannya tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan publikasi ini adalah diharapkan kepada aparat pemerintah Kabupaten Mimika untuk dapat lebih mengetahui dan memahami Permendagri nomor 120 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah, sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, pemerintah dan pembangunan. (Ricky).

Dibaca 107 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.