Tanamkan Pemahaman Pariwisata Lewat Ajang Pemilihan | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Tamu undangaan dan para peserta saat mengikuti pembukaan (foto:iis) Tamu undangaan dan para peserta saat mengikuti pembukaan (foto:iis)

Tanamkan Pemahaman Pariwisata Lewat Ajang Pemilihan

Papua Selatan Penulis  Selasa, 14 Mei 2019 19:58 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Pemilihan putra putri pariwisata merupakan agenda yang setiap tahun dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Oleh sebab itu Dinas Pariwisata mulai melaksanakan rangkaian kegiatan pemilihan putra putri pariwisata tingkat kabupaten tahun 2019. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pembinaan dan pemberdayaan generasi muda guna menumbuhkan rasa cinta kepada daerah dan tanah air, rasa percaya diri, meningkatkan pengetahuan dan menanamkan pemahaman tentang pentingnya peran pariwisata dan kebudayaan sebagai salah satu sumber kekayaan dan kekuatan daerah.

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Panitia Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kabupaten Merauke, Benhur Rentandatu pada pembukaan kegiatan pemilihan di gedung Bella Fiesta Senin lalu. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa maksud kegiatan adalah untuk menggali dan membina generasi muda berbakat dan  berprestasi untuk mengembangkan diri dalam  bidang kebudayaan dan pariwisata. Adapun tujuannya untuk memperoleh putra putri pariwisata untuk berperan serta dalam memajukan bidang kebudayaan dan pariwisata sebagai salah satu sumber kekuatan daerah.

Dijelaskan, pemilihan akan berlangsung dalam tiga tahap yaitu tahap seleksi berupa tes tertulis pada tanggal 13 Mei, tes wawancara tanggal 14-15 Mei, pembekalan finalis tanggal 20-25 Mei dan grand final pada 27 Mei mendatang. Semua tahapan kegiatan masih dipusatkan di tempat yang sama yakni Bella Fiesta. Peserta terdiri dari mahasiswa dan pelajar yang berasal dari perguruan tinggi dan SMA/SMK di Merauke dengan jumlah 36 orang terdiri dari putra 27 orang dan putri 19 orang. Sementara itu Asisten III Setda Kabupaten Merauke, Anakletus Mambol Balagaize mengemukakan bahwa kegiatan ini akan berlangsung beberapa hari dan ini berarti ada tindak lanjutnya. Kalau dinyatakan sudah lolos seleksi berarti ada kemampuan kompetensi dari masing-masing pribadi kemampuan tersebut akan dinilai oleh dewan juri. Oleh sebab itu diharapkan agar penyelenggaraan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Para peserta yang diutus atas nama perguruan tinggi maupun sekolah tentu memiliki pengetahuan dan pemahaman oleh sebab itu harus dapat berbuat yang terbaik agar dapat memperoleh hasil yang terbaik juga. Pemilihan putra putri pariwisata merupakan bagian upaya untuk membentuk SDM khususnya yang ada di Kabupaten Merauke sehingga menjadi putra putri pariwisata yang terbaik. Jika lolos seleksi di tingkat kabupaten maka berhak mengikuti hingga ke tingkat provinsi. Ini merupakan aset atau bagian dari kompetensi kemampuan manusia yang mendiami bumi Anim Ha.

Dibaca 92 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX