Bhabinkamtibmas Ujung Tombak Preemtif | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

tatap muka Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Papua bersama para Bhabinkamtibmas Polres Mimika tatap muka Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Papua bersama para Bhabinkamtibmas Polres Mimika

Bhabinkamtibmas Ujung Tombak Preemtif

Lintas Daerah Penulis  Senin, 13 Mei 2019 18:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Papua Kombes Pol. Ricko Taruna Mauruh melakukan tatap muka bersama para Bhabinkamtibmas Polres Mimika dalam rangka memberikan motivasi kepada personelnya selaku ujung tombak dari pihak kepolisian yang berada di tengah-tengah masyarakat.

"Kegiatan ini intinya memberikan motivasi kepada teman-teman bhabinkamtibmas saya selaku ujung tombak preemtif di Wilkum Polres Mimika," kata Kombes Ricko usai memberikan arahan kepada para Bhabinkamtibmas di Resto Cendrawasih 66, Senin (13/5).

Menurutnya, tuyas yang diemban oleh Bhabinkamtibmas sangat berat yang mana mereka merangkap dua jabatan, namun tetap melaksanakan tugasnya baik secara teknis maupun kewilayahan sebagai garda terdepan dalam mengedepankan preemtif.

"Supaya mereka lebih meningkatkan kemampuan kegiatan baik secara teknis maupun tugas-tugas di wilayah, apalagi bhabinkamtibmas yang mengemban tugas preemtif sangat diperlukan dibutuhkan didalam kegiatan," terangnya.

Ia menambahkan, selama ini ada beberapa program yang telah dilaksanakan ditambah dengan program yang berasal dari kampung berupa door to door, sosialisasi hoax, kegiatan FGD dan penyelesaian masalah yang terjadi di desa atau kampung, begitu juga kegiatan yang dilakukan oleh kampung dengan melibatkan para Bhabinkamtibmas.

"Program yang sudah turun ke bhabinkamtibmas sudah banyak dan program itu sudah berjalan," tambahnya.

Sementara itu ditanya terkait kendala. Kata Ricko, yang menjadi kendala saat ini jumlah bhabinkamtibmas yang ada saat ini tidak sebanding dengan jumlah kampung di Papua, yang mana jumlah kampung sebanyak 5004 kampung dan jumlah bhabinkamtibmas sebanyak 1049, sedangkan bhabinkamtibmas yang ada di Polres Mimika sebanyak 52 personel sehingga harus merangkap dua fungsi.

Melihat jumlah kampung yang ada tidak sebanding dengan jumlah bhabinkamtibmas dan hal tersebut menjadi kendala. Artinya Ideal satu bhabinkamtibmas harus menangani satu kampung, namun dengan keterbatasan SDM, satu bhabinkamtibmas harus menangani lebih dari dua kampung ditambah dengan rangkap tugas pada fungsi kepolisian.

"Kendala karena perbandingan antara bhabinkamtibmas dan kampung jujur bahwa masih banyak anggota kita yang tugas rangkap yang harus dilakukan bhabinkamtibmas yang artinya satu bhabinkamtibmas harus menangani satu desa dan tidak bisa diganggu oleh kegiatan lain," ungkapnya. (Ricky).

Dibaca 16 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX