Pelanggaran Tidak mengenakan Helm Lebih Mendominan | Pasific Pos.com

| 12 December, 2019 |

Pengendara yang terjaring dalam Razia Satuan Lalulintas Polres Jayapura Kota Pengendara yang terjaring dalam Razia Satuan Lalulintas Polres Jayapura Kota

Pelanggaran Tidak mengenakan Helm Lebih Mendominan

Kriminal Penulis  Minggu, 12 Mei 2019 22:04 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA – Operasi Keselamatan Matoa yang digelar sejak 9 hari terakhir di Kota Jayapura, Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura Kota berhasil menjaring 197 pengendara motor (pemotor) tak mengenakan helm.

Ratusan pengendara tak berhelm ini rata-rata masih berusia produktif dari usia 16 tahun ke atas. Hal ini diungkapkan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura Kota, AKP. Junan Plitomo kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Menurut Junan, terjaringnya ratusan pengendara motor tak berhelm ini merupakan bentuk masih rendahnya kesadaran masyarakat menggunakan helm. Padahal penggunaan helm menjadi suatu kewajiban dalam berkendara di jalan raya.

“Helm memiliki manfaat sangat besar, karena melindungi bagian kepala pengendara jika terjadi kecelakaan lalu lintas,” kata Junan.

Junan menyebutkan, 294 pelanggar yang terjaring sepanjang Operasi Keselamatan Matoa yang digelar serentak sejak 29 April lalu. 60 pelanggar lalu lintas terpaksa mendapat sanksi tilang, sedangkan 234 pelanggar sisanya mendapat sanksi teguran.  “Sanksi tilang diberikan karena pengendara melakukan pelanggaran berat,” paparnya.

Ia menambahkan, Operasi Keselamatan Matoa membidik pengendara tak berhelm, melawan arus, menggunakan handphone saat berkendara, melebihi kecepatan, serta pengendara motor di bawah umur.

“Kami akan terus mengedepankan fungsi pendidikan masyarakat (dikmas) terkait aturan lalu lintas dan tata cara berlalu lintas yang baik dan benar, termasuk ke sekolah-sekolah,” tutur mantan Kasat Lantas Polres Mimika ini.

Dibaca 159 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.