Klemen Tinal: ”Seni Budaya Merauke Luar Biasa” | Pasific Pos.com

| 24 June, 2019 |

Ketua DPD Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Papua, Klemen Tinal Saat Melantik Pengurus (foto:iis) Ketua DPD Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Papua, Klemen Tinal Saat Melantik Pengurus (foto:iis)

Klemen Tinal: ”Seni Budaya Merauke Luar Biasa”

Papua Selatan Penulis  Minggu, 12 Mei 2019 17:39 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua DPD Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Papua, Klemen Tinal mengemukakan bahwa  Merauke memiliki banyak hal luar biasa menyangkut seni budaya untuk itu harus bangkit sesuai dengan visi misi ‘bangkit, mandiri untuk sejahtera’. “Jadi kita harus bangkit dalam segenap aspek kehidupan dalam hal ini adalah di bidang seni budaya. Kita harus mengangkat seni budaya kita yang begitu luar biasa dan di Papua ini kita harus bangga sebab jika kita tidak bangga dengan daerah kita maka tidak usah ikut organisasi,”terangnya usai melantik Pengurus DPC Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Merauke Periode 2019-2024 di auditorium Kantor Bupati, Jumat (10/5).

Ia menegaskan bahwa rasa bangga itu penting apalagi jika kebanggaan itu ditujukan kepada daerah sendiri karena setelah itu maka yang lain akan mengikuti dengan sendirinya. Kapasitas, pengalaman hidup dan masa-masa saat mengalami kesusahan dan kesenangan yang akan membuat kita menjadi orang besar dan luar biasa. Sekolah tinggi hanya kualitas namun membuat kita menjadi besar dan membuat kita menjadi orang yang bisa memimpin serta mengorganisir suatu masyarakat adalah kapasitas. Ia mengungkapkan bahwa kapasitas dibentuk dari pengalaman hidup, baik waktu kita senang maupun susah. Pengurus tidak boleh merasa rendah diri karena merupakan orang-orang yang luar biasa dan hebat. Oleh sebab itu harus melakukan hal yang hebat di tanah Anim Ha ini. Ia juga menghimbau pengurus untuk melakukan program-program yang sesuai dengan kondisi objektif di daerah ini.

Menurut Klemen hal-hal yang luar biasa itu adalah kumpulan dari hal-hal yang kecil dan kita harus mulai dari hal kecil untuk selanjutnya dapat menjadi hal yang besar.   Pihaknya salut dengan kepengurusan di Kabupaten Merauke karena ternyata sudah sangat siap untuk dilantik bahkan Merauke mendapatkan berkat yang luar biasa karena pelantikan langsung dihadiri oleh ketua umum. Inisiatif yang ditunjukkan Merauke patut mendapatkan apresiasi dan semua yang terjadi ini menurutnya bukan karena kebetulan namun semua sudah menjadi rencana Tuhan.
Oleh sebab itu ia meminta seluruh pengurus untuk sungguh-sungguh bekerja dalam memajukan seni budaya daerah bukan hanya menjadi milik Merauke atau Provinsi Papua tetapi kalau bisa dapat menjadi milik Indonesia bahkan dunia.

Dibaca 86 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.