Tahun Ini DPR PB Dorong Raperdasus Zonasi Wilayah Perikanan di Papua Barat | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Tahun Ini DPR PB Dorong Raperdasus Zonasi Wilayah Perikanan di Papua Barat

Papua Barat Penulis  Jumat, 10 Mei 2019 10:17 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - DPR Papua Barat menargetkan setiap tahun dapat menghasilkan sebuah produk hukum berupa Peraturan Daerah Khsusus (Perdasus) yang berpihak kepada masyarakat Papua.

Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol mengatakan, merupakan sebuah pretasi karena pada 2019, DPR Papua Barat, dapat mengesahkan tujuh Perdasus yang dibahas sejak tahun 2018.

Kendati demikian, kata Kondjol, tujuh Perdasus yang sudah disahkan tersebut, belum mencapai target jumlah Perdasus yang disahkan dimasa kepemimpinanya.

Kondjol mengatakan, pada 2019 ini, DPR Papua Barat, tetap akan mendorong sejumlah Perdasus. Misalnya, salah satunya, Perdasus Zonasi Wilayah Perikanan di Papua Barat.

“Dengan adanya Perdasus ini nantinya ada zonasi atau wilayah-wilayah tertentu yang dapat dikelolah atau dimanfaatkan oleh nelayan tradisional dan selama ini belum ada Perdasus yang mengaturnya,” kata Kondjol kepada para wartawan di Kantor DPR Papua Barat, belum lama ini.

Menurut Kondjol, Perdasus seperti Zonasi Wilayah Perikanan di Papua Barat, masih ada kaitannya dengan Perdasus Pembangunan Provinsi Berkelanjutan, Hak Ulayat Masyarakat Adat.

“Perdasus Hak Masyarakat Adat ini, masih bagian dari di daratan seperti hutan, tanah, dan lainnya. Tapi, disisi laut, harus ada regulasi yang mengaturnya,” jelas Kondjol.

Ketua DPR Papua Barat ini mengatakan, draft Raperdasus terkait Zonasi Perikanan Wilayah Papua Barat, sudah diserahkan Dinas Perikanan Papua Barat, sehingga nantinya akan dimasukkan dalam program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) DPR Papua Barat tahun ini.

“Kami berharap sebelum masa jabatan berakhir, ada beberapa Perda non APBD yang dapat disahkan. Artinya bukan berapa banyak Perdasus yang dihasilkan, tetapi mandafat Perdasusnya,” tandas Kondjol.

Kondjol menambahkan, tahun ini sedikitnya ada sekitar 10 Raperdasus yang akan dimasukkan dalam Propemperda. [SDR-R4]

Dibaca 100 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX