Seni dan Budaya Papua Harus Ditampilkan Pada Pembukaan dan Penutuan PON 2020 | Pasific Pos.com

| 25 August, 2019 |

Seni dan Budaya Papua Harus Ditampilkan Pada Pembukaan dan Penutuan PON 2020

Info Papua Penulis  Kamis, 09 Mei 2019 19:22 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,-  Provinsi Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, pada pembukaan dan penutupan event empat tahunan tersebut diharapkan bisa menampilkan seni dan budaya dari lima wilayah adat di bumi cenderawasih.

Penegasan itu disampaikan Ketua Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Pusat, Mayjend. TNI (Purn). Drs. H. Hendardji Soepandji, SH, saat melantik Dewan Pengurus Daerah Komite Seni Budaya Nusantara Provinsi Papua, Kamis, 9 Mei 2019.

"Di Papua akan ada pelaksanaan PON 2020 kami harapkan dalam pembukaan dan penutupan harus menampilkan tari-tarian dan seni serta budaya asli Papua," katanya.

Dengan hadirnya seni dan budaya papua akan menarik untuk di saksikan oleh semua peserta yang hadir pada saat pembukaan PON 2020 nanti.

 "Dari 34 Provinsi datang ke Papua untuk menyaksikan kearifan lokal Papua dan menjadi tontonan karena membawa nilai-nilai tradisi yang di junjung tinggi di bumi Cenderawasih," terangnya.

Dia mengatakan, KSBN akan membantu Pemerintah Papua dalam mempersiapkan acara seni dan budaya untuk pelaksanaan PON tentunya.

"Kita akan membantu dengan meningkatkan destinasi daerah, sehingga peserta PON sebanyak dua puluh ribu peserta dalam kunjungannya ke Papua dalam memberikan dampak kepda masyarakat asli Papua,"ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan akan membantu untuk kemajuan masyarakat di Papua, karena dalam Undang-Undang nomor 5 Tahun 2017 seni merupakan bagian dari unsur budaya.

"Tetapi roh budaya ada pada seni maka organisasi ini tekanannya kepada seni dan budaya agat budaya bisa hidup dan mewarnai kehidupan di dalam masyarakat itu sendiri," tutupnya.

Dibaca 113 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.