Theresia: ”KPU Komit Junjung Netralitas” | Pasific Pos.com

| 18 September, 2019 |

Para tamu undangan dan peserta pemilu saat menyimak sambutan ketua KPU (foto:ist) Para tamu undangan dan peserta pemilu saat menyimak sambutan ketua KPU (foto:ist)

Theresia: ”KPU Komit Junjung Netralitas”

Papua Selatan Penulis  Senin, 06 Mei 2019 20:52 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze menegaskan bahwa menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk melaksanakan pemilu yang luber dan netral. Namun sejak dilantik, jajaran KPU Kabupaten Merauke sudah komit untuk mengawal demokrasi di tanah Anim Ha dengan menjunjung netralitas dan integritas hingga ke tingkat bawah.  Menurutnya, pemilu bukan soal menang atau kalah karena rakyat adalah pemenang yang sesungguhnya dan mereka yang terpilih adalah pelayan yang bertugas melayani masyarakat.  

Pemilu 2019 ini melibatkan kurang lebih 7 ribu orang sebagai penyelenggara. Ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah karena diperhadapkan dengan kondisi geografis yang sangat sulit , medan berat, SDM yang tidak memadai serta anggaran yang minim. Semua itu menjadi tantangan  bagi penyelenggaraan pemilu di Papua secara khusus di Kabupaten Merauke. “Jangan meragukan integritas dan netralitas kami pihak penyelenggara karena kami sudah bekerja secara jujur dan transparan. Kami pastikan bahwa kami kerja jujur dan transparan, tidak ada dusta di antara kita. Kami pastikan tidak ada suara yang berubah karena suara rakyat adalah suara Tuhan. Itu adalah komitmen kami penyelenggara,”tegas Theresia pada rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di Swiss-Belhotel, Jumat (3/5).

Ia menjelaskan, rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara dilakukan secara berjenjang dimulai dari TPS, lalu distrik, kecamatan, provinsi dan nasional. Ini semua dilakukan untuk memastikan bahwa semua suara rakyat yang dihimpun pada saat hari H pemungutan suara dihitung dan memiliki nilai. Suara ini akan menentukan siapa-siapa yang terpilih menjadi presiden, wapres serta anggota legislatif baik di pusat maupun daerah.

KPU tidak tunduk pada siapapun karena KPU hanya tunduk pada aturan dan undang-undang yang berlaku. Tentunya suksesnya penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Merauke tidak terlepas dari dukungan dari Pemda dan dinas terkait dalam hal ini Disdukcapil berkaitan dengan data pemilih dan Kesbangpol yang membantu melakukan sosialisasi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu yang telah mengawal proses demokrasi serta kepada pihak aparat yang telah menjaga keamanan selama pemilu.

Dibaca 182 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini