FKUB Mimika Apresiasi Pemilu Aman di Mimika | Pasific Pos.com

| 18 August, 2019 |

Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika Drs. Ignasius Robert Adii, M. MP Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika Drs. Ignasius Robert Adii, M. MP

FKUB Mimika Apresiasi Pemilu Aman di Mimika

Lintas Daerah Penulis  Senin, 06 Mei 2019 19:35 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Ketua Fokus Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika Drs. Ignasius Robert Adii, M. MP memberikan apresiasi kepada pihak Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK, MH dan seluruh komandan satuan yang mana telah bekerja semaksimal mungkin untuk mengawal jalannya pemilu di Kabupaten Mimika. Kendati banyak persoalan yang terjadi didalam internal penyelenggara.

"Dari sisi penetapan bahkan juga sedang penghitungan suara mulai dadi TPS, PPD dan kabupaten tidak disiapkan dengan baik," kata Adik ketika ditemui di jalan Yos Soedarso, Senin (6/5).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya proses penghitungan suara yang terlambat dari tingkat TPS, PPS, PPD dan KPU Kabupaten, seperti kurangnya SDM, sosialisasi yang kurang kepada masyarakat, bimtek kepada PPD dan PPS yang tidak begitu maksimal, sehingga proses penetapan hasil perolehan suara di tingkat Kabupaten menjadi molor akibat dihujani interupsi.

Kendati demikian, sejauh kinerja yang telat ditunjukan oleh KPU dan Bawaslu telah maksimal hingga proses rekapitukasi penghitungan suara ditingkat Kabupaten berjalan dengan lancar. Namun diharapkan kepada PPD agar bisa menfoptimalkan waktu yang ada.

"Karena SDM kurang siap, penetapan KPU dan Bawaslu dalam waktu yang singkat, sosialisasi yang kurang, sehingga PPD mengalami kesulitan dan proses ini dimulai tepat pada waktu tapi kadang-kadang molor atau tertunda bahkan ada interupsi dan penundaan waktu," terangnya.

Disisi lain jalannya pelaksanaan Pemilu yang akan tidak terlepas dari campur tangan pihak keamanan dalam hal ini Polri dan TNI yang terus melakukan pengawalan pendistribusian kotak suara, dan pengawasan proses pemilihan di tingkat TPS, PPS, PPD, dan di tingkat Kabupaten.

Sehingga apresiasi diberikan setinggi-tinginya kepada Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK. MH, dan komandan satuan lainnya serta KPU, Bawaslu, dan FKUB yang mana mengawali semua proses pemilihan dengan doa bersama.

"Lebih-lebih kami mau memberikan apresiasi terhadap Kapolres dan jajarannya tidak mengenal lelah mengadakan pengaman bersama KPU dan Bawaslu, terbukti selama pelaksanaan kita sudah lakukan 11 kali doa yang mana para hamba-hamba Tuhan dilibatkan dalam pengamanan ini," ungkapnya.

Namun. Ada satu momen penentuan yang ditunggu-tunggu oleh para caleg dan parpol. Sehingga dibutuhkan kebesaran hati untuk menerima hasil yang akan ditemukan oleh KPU dalam waktu dekat. Artinya menang dan kalah merupakan hal yang wajar dalam sebuah kompetisi, namun sering terjadi masalah lantaran penyelenggara yang tidak bersifat netral.

Oleh sebab itu, dirinya berpesan kepada KPU agar bisa mewujudkan Pemilu yang jujur adil berdasarkan suara yang diperoleh dari TPS merupakan amanat dari Tuhan dan masyarakat untuk menjadi pemimpin.

"Pemilu untuk Kabupaten Mimika itu jujur adil itu boleh terwujud sehingga hasilnya memberikan kesejukan, kepuasan. Itu berarti pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya yang tertunda baik pelantikan dan penetapan itu tidak akan terjadi pada kali ini," ungkapnya. (Ricky).

Dibaca 87 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.