Peringati Hardiknas, Pendidikan dan Budaya Berkaitan Erat | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

Peringati Hardiknas, Pendidikan dan Budaya Berkaitan Erat

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Jumat, 03 Mei 2019 07:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Memperingati hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melaksanakan upacara yang berlangsung di halaman kantor Pusat Pemerintahan SP3 Kamis (2/5).

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH, Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang, SE. M. Si, Dan Satrad 243 Letkol Adi Siswanto, Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia, S. Sos, Kepala BNNK Mimika Kompol Mursaling, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika Yenni Usmani, seluruh pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Mimika.

Selaku Inspektur upacara Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang, SE. M. Si dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia dalam banyak kesempatan bahwa perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia.

Artinya, sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan'". tema ini mencerminkan hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat akan nilai, dan pengalaman kebudayaan guna melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang maju.

"Pendidikan dan kebudayaan adalah dua hal yang sangat erat dari sisi nilai dan pengalaman," jelasnya.

Disisi lain, pembangunan SDM menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil yang disiapkan untuk memasuki dunia kerja, namun emua itu membutuhkan profesionalitas pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

Oleh sebab itu, pada momentum Hardiknas, konsentrasi potensi pendidikan nasional lebih menitikberatkan pada pembangunan SDM yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

"Konsentrasi diknas lebih kepada SDM yang berkarakter dan memiliki keterampilan," katanya. (Ricky).

Dibaca 99 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.