Perolehan Zakat Terus Meningkat | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Merauke, Samsul Komar (foto:iis) Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Merauke, Samsul Komar (foto:iis)

Perolehan Zakat Terus Meningkat

Papua Selatan Penulis  Kamis, 02 Mei 2019 19:31 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Merauke, Samsul Komar mengemukakan bahwa pada tahun 2018 lalu secara keseluruhan zakat yang sudah terkumpul sebanyak 1 milyar lebih dan sebagian besar yakni sekitar 95% didistribusikan oleh pengurus di UPZ dimana dalam hal ini pihaknya khusus memberikan amanah sesuai dengan laporan-laporan yang diperoleh dari mereka. Setiap tahun tentunya jumlah yang dikumpulkan mengalami peningkatan dan semua itu adalah dampak positif dari edukasi yang sudah diberikan.

“Alhamdulilah selama 4 tahun berjalan ini sudah mengalami peningkatan untuk di tingkat daerah yang meliputi secara keseluruhan baik zakat maal, infaq maupun sedekah,”terangnya kepada wartawan di sela-sela Raker Baznas di Coreinn Hotel belum lama ini.  Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam setiap raker pihaknya selalu melakukan evaluasi sekaligus edukasi kepada para pengurus yang ada di tingkat bawah, yaitu unit satuan kerja yang sudah dibentuk oleh Baznas dengan sebutan UPZ.

“Jadi mereka menerima materi yang terkait dengan regulasi karena saudara-saudara kita yang ada di seberang sana masih minim pemahaman tentang regulasi,”terangnya. Guna mengatasi minimnya pemahaman tersebut sebenarnya pihaknya rutin memberikan pemahaman-pemahaman namun masih perlu adanya penguatan aturan sehingga dapat menjadi pedoman mereka dalam pelaksanaan tugas sebagai pengelola zakat secara nasional.

Dijelaskan, UPZ yang ada di setiap masjid merupakan bagian dari Baznas yang bertanggung jawab tidak hanya kepada Baznas Kabupaten Merauke tetapi juga kepada pemerintah provinsi dan pada akhirnya bermuara hingga ke tingkat nasional. Raker Baznas tahun ini kembali dilaksanakan karena merupakan amanat dari rakerda pada tahun 2018 yang harus ditindak lanjuti. Jadi kegiatan ini adalah agenda tahunan sebagai sarana evaluasi kinerja yang sudah dilakukan pada tahun lalu.

Dibaca 86 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.