Pedagang OAP Dilatih Manajemen Pasar | Pasific Pos.com

| 25 August, 2019 |

Pedagang OAP saat mengikuti pelatihan (foto:iis) Pedagang OAP saat mengikuti pelatihan (foto:iis)

Pedagang OAP Dilatih Manajemen Pasar

Papua Selatan Penulis  Rabu, 01 Mei 2019 19:20 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Tim Penggerak PPK Kabupaten Merauke belum lama ini menggelar pelatihan  manajemen pasar bagi pedagang Orang Asli Papua (OAP) yang berlangsung di Hotel Megaria selama 3 hari. Selama kegiatan peserta mendapat sejumlah materi penting antara lain  srategi pemda dalam pemberdayaan OAP melalui program ekonomi dan kerakyatan, dampak Otsus bagi pengembangan ekonomi OAP, manajemen pasar, sistem pengelolaan pasar, pengembangan dunia usaha, membangun sistem pemasaran yang baik dan efektif dalam pengelolaan usaha, strategi manajemen pemasaran bagi pedagang OAP, pengaruh kualitas pelayanan terhadap animo pembeli dan peran serta dan partisipasi perbankan bagi pemberdayaan ekonomi pedagang OAP.

Ketua Panitia, Falentin Inury dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan secara mendasar tentang strategi pemasaran, manajemen pemasaran dan cara mengaplikasikan sehingga dapat membuat suatu langkah yang strategis untuk dapat mendongkrak produksi produk lokal masyarakat Merauke . adapun narasumber yang diundang terdiri dari pihak pemda, ketua TP PKK, instanis terkait, dosen Unmus, Bank Papua, BRI, pelaku usaha OAP, Thomas Kimko dan perwakilan instansi terkait, Esau Hombore.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke, Rini Dewarusi Nebore ketika ditemui wartawan di sela-sela kegiatan mengemukakan bahwa PKK memiliki kegiatan tahunan dengan sasaran khusus untuk OAP dan sudah berjalan selama 3 tahun. Tahun pertama untuk kegiatan yang dilaksanakan adalah kapasitas building kepemimpinan bagi generasi muda Papua, tahun kedua tentang perempuan Papua dalam politik dan tahun ketiga berupa pelatihan  manajemen pasar bagi pedagang OAP. Pihaknya berharap kegiatan untuk masyarakat Papua dapat terus dilakukan oleh PKK dan berjalan lancar hingga 5 tahun ke depan.

Dibaca 75 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.