Wali Kota : Kembalinya Irian Barat ke NKRI Keinginan Rakyat | Pasific Pos.com

| 23 July, 2019 |

Wali Kota : Kembalinya Irian Barat ke NKRI Keinginan Rakyat

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 01 Mei 2019 18:39 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menyampaikan,  pengembalian Irian Barat oleh Belanda Kepada UNTEA kemudian dilanjutkan dengan PEPERA sehingga jelaslah nasib Irian Barat untuk masuk ke dalam NKRI.

"Pengembalian Irian Barat kepada NKRI bukan paksaan melainkan karena keinginan rakyat Irian Barat sendiri," kata Wali Kota dalam sambutannya pada upacara memperingati Hari Kembalinya Irian Barat ke pangkuan NKRI, di Taman Imbi, Kota Jayapura, Rabu (1/5/2019).

Oleh sebab itu, kata Wali Kota peringatan 1 Mei merupakan hari bersejarah bagi Irian Barat untuk mempersatukannya ke dalam NKRI. Dalam Konfortasi antara Indonesia dan Belanda, Amerika bersedia menjadi penengah untuk menyelesaikan masalah tersebut yang dikenal dengan New York Agreement.

"Peringatan kembalinya Irian Barat kepada NKRI harus diluruskan sejarahnya dan sampaikan dengan benar kepada anak cucu dan masyarakat jangan diputar balikan faktanya," tegas Wali Kota.

Dari perjuangan Irian Barat untuk kembali ke pangkuan NKRI turut andil ikut memperjuangkan nasib Irian Barat yaitu Marthen Indey, Silas Papare dan Frans Kaisepo yang merupakan masyarakat asli Papua dan sekarang mereka dikenal dengan Pahlawan Nasional dari Papua.

"Marilah kita melanjutkan perjuangan pahlawan kita dengan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan Infrastruktur dll yang dapat memberikan kemajuan bagi bangsa papua dan negara Indonesia," ajak Wali Kota.

Kegiatan diawali dengan tarian adat papua, selanjutnya pembacaan Lintasan Sejarah Kembali Irian Barat ke Pangkuan NKRI, Pembacaan Pancasila dan UUD 1945 dan pembacaan ikrar.

Peringatan Hari kembalinya Irian Barat ke Pangkuan NKRI dengan tema  Semangat 1 Mei Kita Wujudkan Generasi Milenial yang tangguh dihadiri Pangdam XVII/Cenderawasih, Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, Danrem 172 PWY, Wadanlanud Papua, Aster Kodam XVII Cenderawasih, Kapolres Kota Jayapura, Walikota Jayapura, Wakil Walikota Jayapura, Perwira TNI / Polri, Para Veteran sekota Jayapura, Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, Paguyuban sekota jayapura, Organisasi wanita sekota Jayapura,  Anak sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA beserta tamu undangan. (Zulkifli)

Dibaca 128 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX