Wujudkan Kamseltibcar Lantas dan Hindari Percaloan SIM | Pasific Pos.com

| 25 June, 2019 |

Wujudkan Kamseltibcar Lantas dan Hindari Percaloan SIM

Kota Jayapura Penulis  Kamis, 30 Juli 2015 07:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Lebih dekat dengan Kasat Lantas Polres Jayapura Kota, AKP Faisal Rahman Berupaya

Ajun Komisaris Polisi Faisal Rahman akhirnya resmi menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Jayapura Kota menggantikan AKP Yosias Pugu dalam prosesi Upacara Serah Terima Jabatan di Gedung Serbaguna Mapolres Jayapura Kota. Lalu apa komitmen putra kelahiran Kalimantan ini, berikut berbincangannya bersama awak media, Rabu (29/7).

Laporan : Syaiful

TAK kenal maka tak sayang, begitulah kata pertama yang terucap ketika berjumpa dengan sosok AKP Faisal Rahman, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura yang baru menjabat sejak Senin (27/7) lalu.  Meskipun baru kali pertama bertemu dengan awak media di Papua, Faisal, demikian sapaannya terlihat familiar dengan pers.
Usut punya usut, Faisal mengaku telah terbiasa bermitra dengan rekan – rekan media ketika dia bertugas di Polda Sumatera Utara. Bahkan, kata Faisal, di Polda Sumatera Utara juga dia kali pertama berdinas, tepatnya sebagai Kaur Bin Ops Polres Dairi, Polda Sumatera Utara. 
Mengawal tugas barunya di Polres Jayapura Kota, Faisal akan berupaya semaksimal mungkin mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran  (Kamseltibcar) lalu lintas diwilayah hukum Polres Jayapura Kota. “Itu progam pertama saya,” kata pria yang telah dikaruniai seorang putra ini.
Selain program Kamseltibcar Lalu Lintas, Faisal juga menyatakan akan berupaya mensukseskan Program Quick Wins Renstra Polri. Dalam progam itu, Lalu Lintas akan mengemban Progam Quick Wins poin 6 dan poin 8 . 
“Progam 6, tentang Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang public. Misalnya, sosialisasi tentang tertib berlalu lintas, kemudian penindakan untuk teguran dan tilang.  Kegiatannya setiap bulan, namun laporannya tiap satu triwulan sekali,” jelasnya.
Faisal juga berupaya akan memberikan pelayanan bersih dari percaloan maupun pungutan liar selama bertugas di Satlantas Polres Jayapura Kota, sebagaimana tercantum dalam poin 8 Program Quick Wins Renstra Polri.
 “Jadi kebetulan kita tidak memiliki pelayanan STNK dan BKPB, melainkan hanya Satpas SIM, jadi kita semaksimal mungkin menghindari adanya penyimpangan-penyimpangan, dan kita akan tingkatkan pengawasan pa pengurusan SIM,” kata Faisal.
Selain progam Quick Wins Resntra Polri, pria yang pernah menjabat Kanit Regident Polres Dairi berjanji akan mensukseskan program 100 hari kerja Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti. Dimana program tersebut, lanjutnya, juga akan bermuara pada Kamseltibcar Lalu Lintas dan memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat Kota Jayapura.  “Pelaksanaan 100 hari dan akan dievaluasi per 100 hari sampai Kapolri selesai menjalankan jabatan,” urainya.
Disinggung mengenai situasi Lalu Lintas di Kota Jayapura, mantan Pamen III BPKB Ditlantas Polda Sumut melihat masih rendahnya kesadaran masyarakat akan berlalu lintas yang aman. Misalnya, penggunaan helm bagi pengendara maupun penumpang roda dua yang masih minim.
“Kalau saya melihat mungkin masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentinya tertib berlalu lintas, yang menyebabkan kecelakan lalu lintas. Misalnya human eror, yang disebabkan pengaruh minuman keras,” kata Faisal yang mengaku telah berdinas Polres Dairi, Polda Sumatera Utara dengan bidang serupa selama 5 tahun.
Menurutnya,  sosialisasi tertib berlalu lintas telah dilaksanakan sejak lama oleh kepolisian setempat. Dimana kewajiab penggunaan helm bagi pengendara roda dua sudah diatur dalam Undang- Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
“Sebenarnya sudah 65 tahun peraturan itu berjalan, nah masalahnya apakah karena pemahaman masyarakat yang rendah atau kurangnya sosialisasi dari kepolisian,” ujar Perwira Polri yang baru menyelesaikan PTIK tahun 2015 lalu.
Soal jumlah personel di Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura Kota, Faisal menilai belum ideal untuk mengcover seluruh tugas Lalu Lintas, termasuk pengaturan lalu lintas maupun pengawalan kendaraan. “Jumlah personel kami saat ini 44 orang, belum termasuk di Polsek jajaran. Idealnya jumlah personel di Satlantas 60 orang, berarti kita kurang 20-an personel,” imbuh Faisal yang pernah menjabat sebagai Kanit II Satuan PJR Ditlantas Polda Papua selama beberapa pecan.

Dibaca 1660 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX