Bank Wakaf Mikro Keempat Astra Diresmikan | Pasific Pos.com

| 24 July, 2019 |

Peresmian Bank Wakaf Mikro Honai Sejahtera di Pondok Pesantren Ya Bunayya, Kota Jayapura. Peresmian Bank Wakaf Mikro Honai Sejahtera di Pondok Pesantren Ya Bunayya, Kota Jayapura.

Bank Wakaf Mikro Keempat Astra Diresmikan

Ekonomi & Bisnis Penulis  Senin, 29 April 2019 19:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Federal International Finance (FIF Group), yang merupakan bagian dari Divisi Astra Financial, meresmikan Bank Wakaf Mikro  (BWM)  Honai Sejahtera Papua di Pondok Pesantren Ya Bunayya, Distrik Heram, Kota Jayapura, Senin (29/4/2019).

Peresmian oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso dan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas merupakan BWM keempat Astra.

Tujuan pendirian BWM adalah guna mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren dan pedesaan.

Sebelumnya, Astra dan PT Astra Sedaya Finance (ACC), yang tergabung dalam Astra Financial  menjadi donatur BWM pertama, yakni BWM Minhajut Thullab, Banyuwangi yang diresmikan pada 28 Januari 2019.

Pada BWM Kedua, Astra dan FIF Grup menjadi donatur Bank Wakaf Mikro di Sunan Gunung Jati Baálawy, Semarang, pada 23 Februari 2019 dan pada BWM ketiga, Astra dan PT Asuransi Astra Buana menjadi donatur Bank Wakaf di Pondok Pesantren As’ad, Jambi, pada 3 April 2019.
Dengan peresmian BWM Pondok Pesantren Yaa Bunayya hari ini, Grup Astra telah mendukung pendirian BWM keempat dari target 10 BWM yang rencana pendiriannya didukung penuh oleh Astra dan anak perusahaannya yang tergabung dalam Astra Financial pada 2018 dan 2019.

“Mudah-mudahan komitmen Astra dan Astra Financial dalam mendukung BWM ini bisa terlaksana dengan baik untuk dapat berperan aktif dalam berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Pongki Pamungkas.

CEO FIFGroup,  Margono Tanuwijaya menambahkan tujuan dari pendirian BWM sangat sesuai dengan misi perusahaan yaitu bring a better life to the community atau membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat.

Pertumbuhan FIFGroup  tentunya tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh masyarakat, dimana FIFGroup Peduli memiliki 4 pilar yang terdiri dari pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Berbagai program CSR FIFGroup yakni pilar pendidikan diantaranya pelatihan guru, FIFGroup berbagi ilmu, bantuan sarana/prasarana dan beasiswa bagi yang membutuhkan. Pilar kesehatan diantaranya donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan posyandu.

Pilar lingkungan diantaranya tanam pohon dan bersih-bersih rumah ibadah dan pilar pemberdayaan ekonomi masyarakat diantaranya dana bergulir dan pelatihan UMKM.

Dalam peresmian  BWM  Pondok Pesantren Yaa Bunayya ini juga dihadiri Walik Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, Direktur FIFGroup R. Sutjahja Nugroho, Pimpinan Pondok Pesantren Yaa Bunayya K.H. Muhammad Sholeh, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi papua dan Manajemen dan Eksekutif Grup Astra.

BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 41 bank wakaf mikro. (Zulkifli)

Dibaca 125 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX