Sejumlah C1 Tidak Ada Didalam Kotak Suara | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

suasana rekapitulasi penghitungan suara suasana rekapitulasi penghitungan suara

Sejumlah C1 Tidak Ada Didalam Kotak Suara

Lintas Daerah Penulis  Jumat, 26 April 2019 18:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Ketua Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Mimika Baru (Miru) Mathius Way mengatakan, sejumlah kotak suara di beberapa kampung yang telah dilakukan penghitungan suara tidak ditemukan adanya C1 yang merupakan dokumen hasil penghitungan suara di tingkat TPS.

"Kita tidak ada C1, ada beberapa tapi tidak begitu lengkap," kata Mathius Way ketika ditemui di gedung Eme Neme saat menskors pleno, Kamis (25/4).

Ia menjelaskan, tidak dimasukkan C1 lantaran proses pemilihan memakan waktu lama, ditambah dengan proses penghitungan suara yang memakan waktu hingga dinihari, sehingga C1 tersebut tidak sempat dimasukkan didalam kotak suara.

"Waktunya terbatas jadi mereka kosongkan dan sertakan dengan planonya," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, pada saat pelaksanaan penghitungan suara tidak terjadi masalah lantaran semua saksi berpatokan pada C1 Plano yang berada di dalam kotak suara, dan disesuaikan dengan jumlah DPT yang berada di TPS maupun kampung tersebut.

"Untuk proses rekap itu tidak ada masalah, karena kita berpatokan pada C Plano," ungkapnya.

Sementara itu ditanya berapa banyak kotak suara yang tidak ada C1. Kata Way, pihaknya belum bisa memastikan jumlah kotak suara yang tidak ada C1, karena beberapa kotak pada saat dibuka tidak ada C1 sehingga itu menjadi sample di masing-masing kampung.

"Kami belum bisa pastikan berapa jumlah kotak suara yang tidak ada C Planonya. Karena kita buka beberapa kotak suara sebagai sample saja," katanya.

Salah satu contoh, kampung Nayaro, dari 14 kotak suara yang dibuka, hanya sebanyak 7 kotak suara yang terdapat C1, begitu juga dengan kampung Hangaidji sebanyak 12 kotak suara yang ditemukan C1.

"Untuk kampung Nayaro dari 14 kotak itu kita baru dapat 7 C1, dari kampung Hangaidji juga tidak ada C1, Timika jaya hanya 12," ungkapnya. (Ricky).

Dibaca 153 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX