Telkom Papua Belum Capai Target Pelanggan Baru Indihome | Pasific Pos.com

| 17 September, 2019 |

Pemasangan Indihome. (Istimewa) Pemasangan Indihome. (Istimewa)

Telkom Papua Belum Capai Target Pelanggan Baru Indihome

Ekonomi & Bisnis Penulis  Kamis, 25 April 2019 22:54 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Manajemen PT Telkom Papua menargetkan penambahan pelanggan baru Indihome 2.200 per bulan pada tahun 2019. Target tersebut naik dibandingkan tahun 2018 sebanyak 1.800 pelanggan baru.

Manager Consumer Service Telkom Papua, Abubakar Bugis mengaku sejak Januari sampai April 2019, pihaknya hanya bisa mencapai 1.500 pelanggan baru per bulan.

Abubakar menyebut, demand (permintaan) pemasangan Indihome di Papua cukup banyak. Sejak tahun 2016 sampai April 2019, total 36.000 pelanggan Indihome.

Sementara, pada tahun 2018, pihaknya mencatat 19.000 pelanggan baru Indihome yang tersebar di Timika, Merauke, Jayapura dan Sarmi. Sementara Januari sampai April 2019, terjadi penurunan jumlah pelanggan baru dibandingkan periode yang sama tahun 2018, kurang lebih 6.254 pelanggan baru.

“Kita tidak bisa mencover semua permintaan lantaran keberadaan calon pelanggan menyebar, tidak di satu titik yang sudah ada alat produksi (alpro) Indihome. Jadi harus kita mengalihkan lagi atau membangun alpro lagi. Kendala lainnya vendor sudah tidak mau masuk ke Papua lantaran biaya yang cukup besar,” ujar Abubakar, Kamis (25/4) kemarin.

Pihaknya berharap proyek Palapa Ring Timur yang dibangun oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dapat segera selesai agar calon pelanggan dapat terlayani seluruhnya.

“Kalau Palapa Ring Timur jadi, kita bisa melayani permintaan calon pelanggan bahkan sampai ke wilayah yang belum ada jaringan internet seperti di beberapa wilayah di Keerom. Sementara untuk wilayah Koya, kami sudah buat nota dinas ke kantor pusat agar dilakukan survey di wilayah tersebut, apakah jaringannya menggunakan kabel optik atau jalur darat,” ucapnya.

Lebih lanjut, kontribusi terbesar pelanggan Indihome ada di wilayah Abepura (Kota Jayapura) mencapai 70 persen, seiring pembangunan perumahan di wilayah tersebut. (Zulkifli)

Dibaca 297 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.