Mahasiswa Seskoal Kunjungi Pemprov Papua | Pasific Pos.com

| 18 August, 2019 |

Mahasiswa Seskoal Kunjungi Pemprov Papua

Info Papua Penulis  Kamis, 25 April 2019 16:23 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua menerima kunjungan siswa Sekolah Komando Angkatan Laut (Seskoal) di Ruang kerja Sekda Papua, Kamis, 25 April 2019.

Ketua rombongan mahasiswa Sekolah Komando Angkatan Laut (Seskoal), Kolonel Laut (T) Deddy Coredikris mengatakan mahasiswa Seskoal akan membuat satu tulisan mengenai potensi sumber daya alam dan manusia dalam mendukung pertahanan laut, dan Papua menjadi pilihan utama.

"Potensi yang dimiliki Papua sudah tidak diragukan lagi. Untuk itu, lewat penelitian ini kami ingin memberikan dukungan terhadap program pemerintah yang ada," kata Deddy, di Jayapura, Kamis (25/4/2019).

Selain itu, pihaknya juga ingin mengetahui rencana pembangunan Papua ke depan. Apa yang menjadi kendala pemerintah Papua. Sedangkan mengenai masalah perbatasan, menurutnya, sesuai dengan data yang pihaknya peroleh sering terjadi pelanggaran wilayah, khususnya laut. Sedangkan di darat kerap terjadi penyeludupan narkoba, dan perdagangan ilegal.

"Ini sudah kami catat dan akan menjadi satu hal yang prioritas untuk selanjutnya menjadi rekomendasi," kata Deddy yang juga merupaka Dosen SBS Manajemen, Seskoal.  

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Bidang Umum Papua Elysa Auri mengatakan Papua dipilih menjadi tempat  penelitian mahasiswa Seskoal, dalam rangka melihat bagaimana penanganan-penanganan sumber daya alam lautnya.
"mahasiwa Seskoal ini mereka ingin mengetahui tentang strategi pembangunan Papua yang akan datang. Saya sudah jelaskan beberapa hal tentang, terutama soal keamanan laut Papua," ujarnya.

Menurutnya, Provinsi Papua memiliki garis pantai sepanjang 1.170 mil laut dengan luas perairan territorial mencapai 45.510 km yang didalamnya mengandung berbagai jenis biota laut yang bernilai ekonomis penting perlu ada kerjasama antar pemerintah Papua dengan Angkatan Laut, dengan harapan tidak ada gangguan keamanan di wilayah maritim Papua.

Disisi lain, setelah mahasiswa Seskoal melakukan penelitian,  nanti ada beberapa rekomendasi yang akan dibicarakan dengan pihak Lantamal, kemudian dibahas dengan Pemda kira-kira langkah-langkah apa yang strategis untuk menangani pengamanan maritim, khususnya sumber daya alam sehinga bisa memberikan dampak postif bagi masyarakat.  "Pemda terus melakukan upaya untuk membangun SDM Papua ikut berpartisipasi dalam rangka  meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Dibaca 77 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.