Pemilu Susulan di Kota Jayapura Kondusif, Jokowi-Ma’ruf Unggul | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Salah satu warga ketika melakukan pencoblosan di salah satu TPS yang ada di Kota Jayapura. Salah satu warga ketika melakukan pencoblosan di salah satu TPS yang ada di Kota Jayapura.

Pemilu Susulan di Kota Jayapura Kondusif, Jokowi-Ma’ruf Unggul

Kota Jayapura Penulis  Jumat, 19 April 2019 19:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Pemilihan umum di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, akhirnya berjalan lancar dan kondusif. Proses perhitungan suara di TPS masih berlangsung hingga Kamis malam (18/4/2019).

Proses ini dilaksanakan pasca ditundanya pencoblosan surat suara, Rabu (17/4) kemarin, akibat kendala distribusi logistik dari Kantor KPU Kota Jayapura ke 702 TPS yang ada di dua distrik tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal kepada era.id, mengatakan proses Pemilu di dua distrik ini berlangsung sejak pukul 07.00 WIT. Diperkirakan, rekapitulasi suara di tiap-tiap TPS akan selesai, Jumat (19/4) besok.

“Situasi Pemilu di Abepura dan Jayapura Selatan berjalan baik meskipun kemarin sempat ditunda. Saat ini masih berlangsung rekapitulasi suara untuk paslon presiden, legislative dan DPD. Pantauan kami perhitungan surat suara akan selesai besok, melihat banyaknya calon legislative di tingkat provinsi dan kota.,” kata Kamal saat ditemui di Mapolda Papua, Kamis malam.

Sementara itu, tiga distrik lainnya yakni Jayapura Utara, Heram, dan Muara Tami telah selesai melakukan perhitungan suara. Kotak suara sudah dikumpulkan di kantor distrik masing-masing, untuk selanjutnya diserahkan ke KPU Kota Jayapura.

Pantauan di Jayapura, rekapitulasi suara di 702 TPS yang melakukan Pemilu susulan di Kota Jayapura, mulai memperlihatkan hasil khusus untuk untuk calon presiden dan wakilnya. Di TPS 043 Argapura Distrik Jayapura Selatan, misalnya, pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh 138 suara, jauh lebih unggul dari pasangan calon nomor urut 02 Probowo-Sandiaga Uno yang hanya mendapat 19 suara.

Sama halnya di TPS 039 Kelurahan Vim, Distrik Abepura. Dimana paslon Jokowi - Amin mendapat 180 suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 28 suara.

Demikian di TPS 056 Kelurahan Adipura, Distrik Jayapura Selatan, pasangan Capres 01 mendapat 200 suara dan pasangan 02 hanya 29 suara.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe usai mencoblos di TPS 043 Argapura Distrik  Jayapura Selatan, mengklaim, bahwa masyarakat Papua terlebih di daerah pegunungan sudah sepakat untuk mengikat suara untuk Jokowi-Amin.

"Komitmen bungkus suara di Papua sudah dilakukan, dan hampir diseluruh pengunungan. Setelah saya cek 100 persen mereka bungkus untuk memilih Jokowi," kata Gubernur Enembe.

Data KPU Kota Jayapura, terdapat 88.425 pemilih di Distrik Abepura yang mencoblos di 369 TPS. Sementara di Distrik Jayapura Selatan sebanyak 72.044 pemilih yang mencoblos di 375 TPS. Sedangkan total keseluruhan pemilih untuk lima distrik di Kota Jayapura sebanyak 300.752 jiwa.

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano sempat kecewa dengan tertundanya pemungutan suara, Rabu (17/4) kemarin. Ia mengajak warga Distrik Abepura dan Jayapura Selatan untuk kembali mengikuti pemungutan suara susulan hari ini.

BTM sapaan akrabnya yang juga Ketua Umum Persipura Jayapura ini mengajak semua pemilih untuk datang ke TPS lebih cepat, untuk mengembalikan nama baik Kota Jayapura, dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

‘’Mari kita kembalikan nama baik Kota Jayapura untuk datang ke TPS 18 April 2019 untuk Distrik Abepura dan Distrik Jayapura Selatan. Save Kota Jayapura, barometer Papua,” imbaunya dalam poster yang tersebar di group-group WhatsApp dan media sosial lainnya.

Dibaca 346 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.