Kesadaran ASN Laporkan SPT Sudah Cukup Baik | Pasific Pos.com

| 19 January, 2020 |

Kantor KPP Pratama Merauke (foto:ist) Kantor KPP Pratama Merauke (foto:ist)

Kesadaran ASN Laporkan SPT Sudah Cukup Baik

Papua Selatan Penulis  Rabu, 10 April 2019 23:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala KPP Pratama Merauke, R.Soehendro Dwitomo mengemukakan bahwa kesadaran ASN yang ada di Kabupaten Merauke untuk melaporkan SPT sudah cukup baik. Sebab berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, diketahui sebagian besar ASN sudah melaporkan sejak jauh-jauh hari yakni awal Maret lalu. Namun masih ada sejumlah ASN yang memang belum melapor karena beberapa kendala seperti kendala waktu dan belum siapnya data. “Namun pada prinsipnya di Kabupaten Merauke sudah banyak yang melaporkan  karena take line kita, lebih awal akan lebih bagus.

Begitu pula untuk ASN di kabupaten lain di selatan karena kita membawahi 4 kabupaten ,”terangnya kepada wartawan di auditorium Kantor Bupati belum lama ini.  Beberapa waktu lalu pihaknya juga telah mengunjungi Kabupaten Boven Digoel dan bupati beserta ASN setempat juga telah melaporkan SPTnya. Tidak hanya ASN, untuk karyawan swasta juga telah melaporkan SPT mereka. Memang jika dilihat tidak terlalu banyak wajib pajak yang datang ke Kantor KPP Pratama karena sekarang sudah menggunakan sistem e-filing. Jadi cukup melalui HP Android maka sudah bisa melaporkan tanpa harus datang ke Kantor KPP.

“Kalau dilihat persentasenya yang melapor sudah di atas 50%. Memang kewajiban ASN dalam hal ini sudah langsung dipotong oleh bendahara namun tetap harus melaporkan lagi karena bisa saja ASN yang bersangkutan memiliki penghasilan lain di luar gaji pokok sebagai pegawai,”jelasnya. Ke depan pihaknya akan mensingkronisasikan data pemotongan pajak oleh bendahara dimana sudah langsung membentuk SPT dari pegawai yang bersangkutan. Hal ini sudah dilakukan oleh sejumlah KPP yang ada di daerah Jawa sehingga ASN tidak perlu lagi menginput bukti pemotongannya karena sepanjang bendahara sudah memotong maka akan terbentuk langsung SPTnya. Kecuali jika ASN tersebut memiliki penghasilan lain maka tinggal menambahkan saja penghasilan yang belum dipotong

Dibaca 155 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik