Edi: ”Petani Sudah Lakukan Upaya Sejak Awal” | Pasific Pos.com

| 19 January, 2020 |

Nampak Lahan Yang Tergenang (foto:iis) Nampak Lahan Yang Tergenang (foto:iis)

Edi: ”Petani Sudah Lakukan Upaya Sejak Awal”

Papua Selatan Penulis  Kamis, 28 Maret 2019 11:31 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, Edi Santosa mengakui bahwa tahun ini cuacanya memang cukup ekstrim sehingga tergenangnya sejumlah lahan pertanian benar-benar di luar dugaan. Sebenarnya para petani sudah melakukan sejumlah upaya dimana sejak awal dalam menghadapi musim tanam 2018/2019 dimana dinas sudah menganjurkan kepada petani untuk dapat melakukan penanaman seawal mungkin.

Namun ada kendala karena curah hujan kali ini mengalami sedikit kemunduran karena biasanya pada Bulan November sudah memasuki musim hujan namun pada Desember baru masuk musim hujan. Oleh sebab itu para petani mengalami keterlambatan tanam. Lalu pada Bulan Maret ini karena cuaca sangat ekstrim dimana curah hujan sangat tinggi dan Sungai Maro juga mengalami pasang yang tinggi sehingga luapan air tersebut sulit ditangani.

“Kami telah menyampaikan kepada petani untuk memanen padi secara manual khusus untuk padi yang memang sudah waktunya dipanen. Sebab jika tergenang lebih dari 1 Minggu tentunya sangat rawan terhadap kerusakan pasca panen. Saat panen diupayakan menggunakan sarana-sarana yang ada guna menyelamatkan padi yang sudah siap panen terlebih dahulu. Petani juga diminta untuk secepatnya melakukan proses penjemuran,”terangnya kepada wartawan di Restoran Pinang Sirih Jumat lalu.

Dibaca 170 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik