LTSHE Sangat Membantu Masyarakat Paniai | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

LTSHE Sangat Membantu Masyarakat Paniai

Beri rating artikel ini
(0 voting)

PANIAI - Pemasangan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) untuk dua kabupaten di provinsi Papua, yaitu kabupaten Paniai dan kabupaten Puncak Jaya yang dilakukan secara simbolis di kota Mulia, Puncak Jaya, Jumat (15/3/2019), sangat membantu masyarakat yang selama ini belum terlayani penerangan dari PLN.

Bupati Kabupaten Paniai, Meki Fritz Nawipa mengatakan, pemerintah bersama masyarakat kabupaten Paniai menyampaikan terima kasih atas bantuan pemasangan LTSHE dari Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) sebanyak 5.305 unit.

Pemasangan LTSHE sangat bermanfaat bagi masyarakat kami yang berdomisili di 24 distrik, dan baru satu distrik yang sudah dilayani PLN,"kata Bupati Paniai.

Khusus Kabupaten Paniai, kata Nawipa, sebanyak 5.305 unit LTSHE tersebut dipasang di 11 distrik. Antara lain Dumadama 500 unit, Dogomo 485 unit, Siriwo 263 unit, Bogobaida 463 unit, Ekadide 1.265 unit, Agadide 204 unit, Topiyai 411 unit, Fajar Timur 129 unit, Yagai 927 unit, Kebo 184 unit, dan distrik Aweida 473 unit.

Selama ini PLN di Enarotali hanya melayani distrik Paniai Timur. Sehingga dengan LTSHE ini, masyarakat saya di 11 distrik merasakan manfaatnya. Terutama anak-anak sekolah bisa belajar dengan penerangan yang cukup,"tutur Nawipa.

Pada saat peresmian pemasangan LTSHE di kota Mulia, FX Sutisjastoto, Dirjen EBTKE Kementerian ESDM menjelaskan, pengadaan ribuan unit LTSHE ini dibiayai langsung APBN Kementerian ESDM Republik Indonesia.

Bantuan pemerintah pusat ini bukti keseriusan untuk menjawab persoalan dari masyarakat yang belum bisa akses listrik PLN, terutama bagi yang berdomisili di daerah yang tersulit, terdepan dan terluar,"jelasnya.

Tak hanya di Papua, pihaknya juga melakukan pemasangan program listrik yang sama di daerah lain seluruh Indonesia dalam rangka memenuhi kebutuhan penerangan bagi warga masyarakat di perkampungan.

Untuk itu, Sutisjastoto berharap adanya sinergitas kebijakan dari kementerian lain untuk bersama-sama menjawab tantangan terutama dalam rangka meningkatkan tarat hidup dan perekonomian masyarakat di daerah-daerah terpencil.
Kalau Kabupaten Paniai mendapat 5.305 unit lampu tenaga surya hemat energi, maka untuk Kabupaten Puncak Jaya sebanyak 47.416 unit. (ecu)

Dibaca 135 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.