BPJS Kesehatan Memastikan Distribusi KIS Merata di Papua | Pasific Pos.com

| 22 May, 2019 |

Distribusi KIS di Puncak Jaya. Distribusi KIS di Puncak Jaya.

BPJS Kesehatan Memastikan Distribusi KIS Merata di Papua

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 25 Maret 2019 21:13 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura - Dalam rangka memastikan KIS tersebut telah terdistribusi secara merata dan tepat sasaran oleh pihak ketiga kepada masyarakat yang berhak, BPJS Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya melaksanakan kegiatan spot check KIS, Jumat, (22/3/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan ke berbagai tempat termasuk ke beberapa kampung dan Distrik di wilayah Kabupaten Puncak Jaya. Bukan hanya alamat peserta yang susah didapatkan tetapi akses jalan juga yang menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan spot check.

BPJS Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya melakukan spotcheck di Kampung Pruleme Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.Ddimana kabupaten ini adalah termasuk salah satu dari 9 Kabupaten/kota yang menjadi wilayah kerja Kantor Cabang Jayapura.

“Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya, Ahmad Dalim Jayamada mengatakan, spot check ini dilakukan untuk memastikan bahwa kartu JKN-KIS yang didistribusikan oleh pihak ketiga telah sampai kepada penerimanya atau yang berhak dengan mencocokan kartu KIS dan data di Kartu Keluarga peserta,” ujar Dalim.

Dalim menambahkan, bukan hanya itu BPJS Kesehatan memastikan si penerima kartu JKN-KIS paham akan hak dan kewajiban serta prosedur dalam memperoleh layanan Program JKN-KIS dan sambil menyosialisasikan juga terkait informasi terbaru maupun regulasi terbaru kepada setiap peserta yang kami kunjungi karena masyarakat masih kurang memahami fungsi dari kartu JKN KIS ini, sehingga masih banyak yang belum menggunakan sesuai fungsinya.

Tantangan yang dialami pada saat spot check diantaranya akses jalan yang sulit dan alamat yang tidak ditemukan karena wilayah geografis pedesaan dan pegunungan yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Namun hal ini dapat terbantu oleh beberapa warga kampung maupun Kepala Kampung yang dengan senang hati menunjukkan jalan ke tempat peserta yang hendak dituju.

Buna Tabuni salah satu peserta JKN KIS yang berada di Distrik Mulia mengaku senang dan berterima kasih atas perhatian pemerintah yang sangat memperhatikan warganya sehingga bisa merasakan manfaat dari kartu JKN KIS dan juga kepada BPJS Kesehatan yang telah bersusah payah mendatangi warga di pelosok seperti ini.

"Semoga pengecekan ini bisa rutin dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Puncak Jaya agar kartu JKN-KIS bisa benar-benar dapat diterima oleh peserta yang berhak. Dengan begitu, pelayanan Program JKN-KIS bisa berjalan dengan baik sampai di wilayah pedalaman,” harap Tabuni. (Zulkifli)

Dibaca 74 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX