WVI Buka Ruang Sahabat Anak di Posko Pengungsi | Pasific Pos.com

| 8 December, 2019 |

Korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura di tenda pengungsian.  Korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura di tenda pengungsian.

WVI Buka Ruang Sahabat Anak di Posko Pengungsi

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Wahana Visi Indonesia (WVI) Jayapura membuka Ruang Sahabat Anak (RSA) di Posko Pengungsi banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

“Hari pertama pasca banjir, kami lakukan kajian, kami melihat memang pengungsi terdiri dari anak-anak dan orang dewasa, namun bantuan yang disalurkan lebih banyak untuk orang dewasa, tetapi pengalaman kami dalam mensurvei bencana bahwa anak-anak paling rentan dalam kondisi seperti ini, “ujar Perwakilan WVI Jayapura, Andre Lumy di posko pengungsi HIS, Kamis (21/3/2019).

Melihat kondisi tersebut, pihaknya membuka RSA untuk memberikan psycho sosial yang bertujuan agar anak-anak menjadi ceria seperti anak lainnya yang bukan pengungsi.

Untuk tanggap bencana, WVI Jayapura, kata Andre, akan dibuka selama 30 hari dan membuat jadwal untuk mengunjungi setiap pengungsi. Pihaknya melibatkan 15 personil selama masa tanggap darurat.

“RSA sudah kami buka di tiga posko yakni di Posko Induk Gunung Merah, Posko SIL dan Posko HIS, dan di Posko GKI Kalvari di Kehiran, tapi tidak menutup kemungkinan akan buka RSA di posko lainnya, “jelas Andre.

Dikatakan, selain membuka RSA, respon bencana juga dilakukan dengan mendistribusikan children kit dan school kit serta air bersih di titik pengungsi tapi tetap berkoordinasi dengan Posko Induk agar tidak tumpah tindih bantuan yang masuk.

“Fokus WVI tetap anak-anak agar mereka tetap merasa senang, jati dirinya tetap walaupun di tengah bencana. Kami juga mendorong pemerintah daerah agar melakukan hal yang sama kami lakukan, sebab kalau hanya WVI yang melakukan, tentu kami punya keterbatasan, “imbuhnya. (Zulkifli)

Dibaca 202 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX